Pelantar.id – Bagi Anda yang menghindari perawatan wajah dari bahan-bahan kimia alternatif penggantinya adalah menggunakan bahan-bahan alami. Satu di antaranya adalah pemanfaatan buah-buahan.

Buah-buahan punya banyak manfaat untuk kesehatan selain dengan mengkonsumsi langsung. Selain di konsumsi, buah-buahan dapat digunakan sebagai bahan untuk menjaga kecantikan wajah.

Buah-buahan yang segar mampu menutrisi kulit, mengangkat sel kulit mati, hinggga membuat kulit lebih cerah dan lembap. Banyak pilihan buah yang bisa Anda manfaatkan, misalnya mencoba penggunaan buah anggur.

Perawatan wajah dengan buah anggur seperti digunakan sebagai masker wajah. Manfaat yang terkandung dalam anggur pun tidak kalah dengan perawatan kecantikan lainnya. Berikut ini manfaat yang dihasilkan anggur bila Anda rutin menggunakannya.

1. Melembabkan kulit

Kulit kering dan kusam disebabkan karena kurangnya kadar air pada kulit. Buah anggur memiliki kadar air yang cukup tinggi dan bisa dijadikan untuk perawatan kulit kering dan kasar. Caranya, bisa dengan mengkonsumsi buah anggur secara langsung untuk perawatan dari dalam ataupun dengan menggunakan masker anggur.

Kandungan vitamin pada buah anggur akan menjaga kelembaban kulit sehingga terhindar dari masalah kulit kering dan kusam serta membuat kulit terasa lebih segar. Cara membuat masker anggur untuk melembabkan kulit sangatlah mudah;

Baca Juga :   Bright International Bridge Tournament 2020 Sukses Digelar

Potong buah anggur menjadi dua bagian lalu oleskan diseluruh permukaan wajah. Diamkan selama 15 menit. Setelah itu bersihkan dengan air dingin.

2. Mengencangkan kulit dan mencegah kulit keriput

Meski sepele, ini kebiasaan cewek yang bahaya untuk kesehatan kulit. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)
Kandungan vitamin C pada buah anggur dapat meningkatkan kolagen secara alami, sehingga kekenyalan kulit akan terjaga dan membuat kulit menjadi lebih kencang kembali serta membantu mengatasi masalah kulit keriput. Kini bisa mengkonsumsi buah anggur secara langsung untuk perawatan dari dalam ataupun dengan menjadikan anggur sebagai masker wajah.

3. Menghilangkan flek hitam dan mencerahkan kulit

Noda hitam di wajah atau pigmentasi tidak merata dapat di atasi dengan melakukan perawatan dengan anggur, kandungan vitamin E pada anggur akan menangkal serangan radikal bebas yang dapat merusak jaringan kulit, serta dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah.

Gunakanlah masker anggur untuk mengatasi flek hitam pada kulit, caranya sangat mudah.

1. Potong belah dua buah anggur lalu oleskan pada wajah yang telah di bersihkan sebelumnya.

Baca Juga :   Yoshitaka Sakurada, Kepala Keamanan Siber Jepang yang Tak Pernah Pakai Komputer

2. Diamkan selama kurang lebih 30 menit sampai cairan anggur di wajah terasa agak kering dan lembab.

3. Pijat wajah secara lembut selama beberapa menit lalu bilas wajah dengan air hangat.

Alternatif buah-buahan lain yang dimanfaatkan untuk kecantikan wajah

1. Semangka

Jus semangka merupakan salah satu pembersih wajah natural yang terbaik. Semangka dapat membersihkan wajah secara mendalam hingga ke bagian dalam pori-pori. Membersihkan kulit sangat penting dilakukan sebelum mengaplikasikan skin care dan makeup untuk kulit yang lebih sehat.

2. Alpukat

Alpukat melembapkan kulit hingga lapisan terdalam. Selain itu buah yang berwarna hijau ini juga dapat menyamarkan noda hitam bekas jerawat secara perlahan. Menggunakan masker alpukat dengan rutin dua kali dalam seminggu dapat melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Sehingga kulit terlihat lebih glowing dan awet muda.

3. Kiwi

Kiwi akan memberikan nutrisi pada kulit lewat Vitamin C di dalamnya sehinga terlihat lebih cerah. Selain itu perawatan rutin menggunakan buah kiwi juga dapat mencerahkan kulit dan lebih glowing.

=======

dari berbagai sumber

foto: liputan6.com