Untuk menghindari ketidaknyamanan, seseorang bisa menahan kebiasaan seperti bersin dan kentut dikeramaian. Namun, kebiasaan ini tanpa disadari berefek tidak baik pada tubuh Anda.

Misalanya ketut atau buang angin. Untuk menjaga kesopanan, agar suasana tidak rusak karena bau tak sedap dengan menahan kentut. Padahal alangkah baiknya Anda menarik diri, untuk kentut di tempat lain. Mengapa?

Menahan kentut tenyata cukup berbahaya untuk kesehatan. Ketika Anda menahan kentut, maka gas tersebut akan tetap tersimpan dan keluar melalui mulut. Bila tak dibuang juga dapat menimbulkan sakit perut.

Untuk menguranginya kuantitas kentut, Anda bisa mengubah cara mengunyah makanan, kunyahlah makanan secara perlahan ketika makan. Lalu konsumsilah sejumlah makanan yang mengurangi gas, seperti kacang-kacang.

Baca Juga :   Nongsa Neptune Regatta Eksplorasi Wisata Bahari Kepri

Selain kentut, menahan bersin juga berdampak tak baik untuk tubuh. Dengan bersin adalah cara yang baik untuk menghilangkan bakteri dan debu di hidung.

Menahan bersin dapat menyebabkan udara terperangkap di dalam dada di antara kedua paru-paru, memecah gendang telinga, atau menggembungkan pembuluh darah di otak.

Bersin merupakan cara alami bagi hidung untuk “mengatur ulang” dan menghilangkan bakteri juga debu.

(*)

foto: nakita.id