Pelantar.id – Pulau Abang dikenal memiliki pantai yang bersih, berpasir putih dan belum terkontaminasi oleh limbah laut. Selama tahun 2019 tercatat 2.000 wisatawan mancanegara yang berkunjung ke pulau ini, seperti dari negara Singapura, Malaysia, Korea, Jepang, Cina, Eropa dan tak ketinggalan wisatawan nusantara dari Pulau Sumatera dan Jawa.

Untuk lebih memperkenalkan pulau Abang di Indonesia, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam mepromosikan Pulau Abang di Pameran bertema Batam Island Holiday Destination bertempat di Cihampelas Walk, Kota Bandung.

“Pulau Abang surganya snorkeling, terdapat blue coral yang indah,” Kadisbudpar Kota Batam, Ardiwinata, Jumat (6/11).

Pengelola Destinasi Wisata Pulau Abang, Ledi Seman turut serta dalam kegiatan tersebut. Ia bangga dapat mengenalkan Pulau Abang hingga ke Bandung.

“Kami berharap setelah promosi ini mampu menarik para tamu dari Bandung untuk berkunjung ke Pulau Abang dan Kota Batam,” pintanya.

Ia mengatakan salah satu daya tarik dari Pulau Abang yakni kegiatan snorkeling dan terdapat ” Blue Coral yang langka menjadi keunikannya. Blue Coral di Indonesia satu-satunya ada di Pulau Abang ujarnya.

“Pulau Abang dijadikan kawasan strategi pariwisata nasional tahun 2014 dimana Pulau Abang mempunyai sebanyak ratusan spesies terumbu karang serta satu-satunya daerah yang kaya ikan nemo,” sebutnya.

Ia menjelaskan karakter sport diving landai sehingga memudahkan para penyelam melakukan kegiatan menyelam khususnya para pemula. Peralatan menyelam yang digunakan full face sehingga dapat memudahkan pemula menyelam.

“Para penyelam melihat terumbu karang yang indah air lautnya sangat jernih,” katanya.

Promosi Banyak Pulau di Batam

Tak hanya Pulau Abang, Batam juga mempromosikan pulau lainnya seperti Pulau Penawar Rindu Belakang Padang, Pulau Putri dan sebagainya.

“Kita patut berbangga kita mempunya pulau yang indah, ada pulau Putri yakni pulau terluar Indonesia berdekatan dengan Singapura, ada Belakang Padang yang terkenal dengan wisata kulinernya yakni cendol dan prata,” terangnya.

Menurut Ardi, pameran ini mendapat respon positif dari pengunjung Cihampelas Walk terutama kalangan milenial.

“Para remaja, orang dewasa datang melihat bahkan bertanya tentang Pulau Abang dan wisata di Kota Batam, responnya sangat bagus sekali,” ucap Ardi.

Tak hanya di Kota Bandung, Pulau Abang juga sudah dipromosikan di Jakarta, Yogyakarta dan Manado serta aktif berpromosi lewat media sosial.

(*)