Pelantar.id – Adam,  seorang warga Batam baru saja mencoba terapi atau cara pengobatan akupuntur di Rumah Sakit Awal Bros Batam. Ia mengeluh karena sering sakit kepala.

Dr Mia Sophia Irawadi, Sp. AK adalah dokter spesialis akupuntur yang menangani pengobatan tersebut di RS Awal Bros. Untuk mengatasi nyeri kepala,  Ia melakukan penusukan jarum pada titik-titik akunpuntur di bagian wajah pasien.

Menurutnya bagian itu adalah area untuk mengobati sakit kepala. Saat menunjukkan cara kerja pengobatan akupuntur, dengan tenang dr Mia menusukan jarum akupuntur tanpa menimbulkan reaksi rasa sakit dari pasien.

“Tidak sakit,” kata Adam, setelah diakupuntur oleh dr Mia.

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa di Rumah Sakit Awal Bros Batam tersedia layanan terapi akupuntur. Alternatif pengobatan ini memang tergolong baru di RS Awal Bros.

Selain di RS Awal Bros menurut dr Mia, terapi ini juga tersedia di RS Embung Fatimah Batu Aji.

“Selain itu mungkin masih banyak yang masih ragu dan beranggapan bahwa akupuntur itu untuk kecantikan saja. Padahal akupuntur dapat mengobati banyak penyakit,” kata dr Mia.

Menurut dr Mia, pengobatan akupuntur yang diterapkan dalam dunia kedokteran adalah akunpuntur medik bukan akupuntur konvensional.

Terapi akupuntur

Seperti dijelaskan dr Mia bahwa akupunktur adalah suatu cara pengobatan dengan perangsangan titik-titik tertentu (titik akupunktur) dipermukaan tubuh untuk menyembuhkan suatu penyakit. Perangsangan tersebut dapat dilakukan melalui penusukan jarum, penyuntikan, penyinaran dan sebagainya.

Untuk mengenal lebih lanjut cara pengobatan yang diadopsi dari metode pengobatan tradisional Tiongkok ini, berikut pelantar.id jabarkan melalui obrolan interaktif bersama dr Mia.

Apa beda akupuntur medik dan akupuntur tradisional?

Akupuntur pada dasarnya dari pengobatan Timur. Sementara, saya mempelajari akupuntur medik. Akupuntur Medik adalah suatu ilmu yang mempelajari pengobatan dengan cara penusukan jarum pada titik-titik tertentu di tubuh. Pengobatannya berdasarkan evident based medicine seperti anamnesa dan pemeriksaan fisik.

Misalnya pasien datang keluhan batuk, kita dianogsa dulu seperti pemeriksaan medis biasa baru setelah itu dilakukan akupuntur. Sedangkan akupuntur tradisional teorinya berdasarkan sumber alam semesta yang terdiri dari 5 unsur yaitu kayu, api, tanah, logam dan air.

Baca Juga :   UPSI Malaysia dan LAM Batam Gelar Konser Amal Jazz Melayu

Apa yang dimaksud dengan titik-titik akupuntur?

Titik akupunktur merupakan daerah kulit yang telah diketahui berbeda dengan jaringan sekitarnya dalam tekanan listrik dan gelombang suara dan dalam kepadatan jaringan sarafnya. Ada 366 titik akupuntur diseluruh tubuh. Biasanya saat terapi tidak lebih dari 20 penusukan jarum. Bergantung pada penyakitnya.

Mengapa cara pengobatan ini dapat menyembuhkan penyakit?

Dasar pemikiran untuk menggunakan akupuntur adalah prinsip bahwa stimulus jarum dapat menimbulkan muatan listrik yang memicu potensial aksi untuk menyeimbangkan sistem neurofisiologis tubuh. Secara umum, stimulasi pada titik akupunktur tertentu akan menginisiasi cell signaling system yang cukup kompleks dan melibatkan sistem fascia, hormon, saraf, peredaran darah dan imunitas.

Perangsangan pada titik akupunktur akan memberikan efek tertentu ditempat perangsangan ataupun ditempat yang jauh dari tempat perangsangan melalui jalur mekanisme saraf, humoral, dan meredian.

Bagaimana cara kerja pengobatan ini?

Pertama kita periksa pasien, tentukan penyakitnya apa. Setelah itu langsung terapi berdasarka Evident Bace Medicine. Kemudian dilakukan cara penusukan jarum halus atau jarum akupuntur pada titik akupuntur di bagian tubuh. Sekali terapi berdurasi 20-30 menit. Jarum yang digunakan selalu disterilisasi atau diganti.

Penyakit apa saja yang bisa diobati dengan akupuntur?

Akupuntur dapat mencegah dan mengobati penyakit. Dahulu orang mengenal akupuntur hanya untuk melangsingkan tubuh atau untuk kecantikan. Namun sekarang akupuntur kian luas jangkauannya, mulai dari mengatasi obesitas, memperbaiki kualitas hubungan seksual, mengatasi keriput, menunda menopause, kanker, reaksi alergi, hingga menolong pecandu narkoba.

Secara garis besar berikut beberapa penyakit yang bisa diobati di antaranya :

Penyakit anak ; Asma atau sesak napas, gangguan perkembangan bicara, kurang nafsu makan, hiperaktif, autisme. Penyakit saraf : Kelumpuhan saraf tangan, kaki, bell’s palsy, sakit pinggang, nyeri kepala (migrain dan vertigo), dan lainya. Penyakit dalam : Hipertensi, kolesterol, diabetes, hipertiroid, sakit maag, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :   Hindari Registrasi Kartu SIM Card Sembarangan Sebelum Ditindak Polisi

Selain itu, ada beberapa penyakit yang tidak bisa menggunakan akupuntur di antaranya kelainan anatomi dan kanker. Tapi untuk kanker bisa kita life support dengan mengurangi sakitnya atau meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Selain itu untuk pasien yang menderita darah tinggi biasanya saya lebih alert. Mungkin menganjurkan modalitas laser.

Apa pengobatan ini memiliki efek samping?

Efek sampingnya tidak ada. Ketika terapi pun tidak sakit.

Apa alternatif pengobatan akupuntur hanya menggunakan jarum?

Sebenarnya ada pilihan lain selain jarum, modalitasnya banyak di antaranya menggunakan akupuntur laser, terapi pemanasan, tanam benang, sonograf dan  sebagainya.

Untuk yang takut jarum atau kondisi tertentu kita gunakan laser, misalnya untuk anak-anak biasanya saya anjurkan menggunakan akupuntur laser karena kuatir kalau pakai jarum jarumnya lepas saat anak-anak gelisah.

Apakah di Batam sudah banyak yang menggunakan pengobatan ini?

Sejauh ini sudah banyak yang menggunakan. Paling banyak menggunakan akupuntur jarum untuk penyakit-penyakit seperti stroke. Tapi pengobatan ini tidak bisa dilakukan sekali saja, bergantung pada penyakitnya. Misal sakit kepala, satu atau dua kali terapi cukup. Kalau stroke bisa berbulan-bulan.

Pengobatan ini sangat dianjurkkan untuk pasangan infertilitas, alergi, asma dan penyembuhan pasca operasi.

Apa pengobatan ini berbiaya mahal?

Untuk saat ini pengobatan akupuntur belum ditanggung BPJS. Tapi tidak terlalu mahal. Dibanding spesialis lain dan membeli obat, lebih murah. Kalau di RS Awal Bros biaya pengobatannya dimulai dari harga Rp 200 ribuan satu kali terapi. Tapi, terapinya tentu tidak cukup sekali bergantung pada penyakitnya.

Sebenarnya, penggunaan pengobatan ini dapat membantu kita yang ingin mengurangi penggunaan obat kimia dan ingin sehat secara alami bisa menjadikan akupuntur sebagai alternatif pengobatan.  Karena hanya melakukan terapi saja tanpa minum obat.

Jadwal praktek Akupuntur di Awal Bros

Senin, Jumat, Sabtu : Pukul 09.00-14.00

Selasa, Kamis : Pukul 09.00-15.00

 

Penulis: Eliza Gusmeri