Polri adalah salah satu institusi yang memiliki fungsi, tugas, kewenangan, dan tanggung jawab strategis serta menentukan.

Oleh : Firman Jaya Daeli

Mantan Tim Perumus UU Polri dan Anggota DPR-RI

Polri sebagai Bhayangkara Negara merupakan salah satu dari sejumlah terbatas institusi yang memiliki otoritas penting yang menjadi wacana diskusi publik. Juga menjadi wahana yang dinarasikan keberadaannya sehingga banyak bahkan semua berkepentingan dengan Polri.

Keberadaan Polri dari aspek sistem ketatanegaraan dan dalam segi kelembagaan telah diawali dan didasari dalam sistem konstitusi Indonesia (UUD 1945) dan Ketetapan MPR-RI. Perspektif mengenai sistem konstitusi dan pemikiran akan perihal ketatanegaraan semakin memastikan dan menunjukkan betapa strategis dan menentukan posisi dan peran Polri dalam kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan. Institusi Polri berada di dalam Pemerintahan Negara (kenegaraan). Dan bersatu sekaligus menyatu di bawah kepemimpinan Kapolri sebagai pemimpin utama di pucuk dan puncak jajaran Polri secara menyeluruh.

Kualitas keberadaan dan kepemimpinan Kapolri sangat melambangkan secara simbolik, dan memaknakan secara otentik pekerjaan dan perjalanan Polri di berbagai satuan dan tingkatan. Sehubungan dengan sistem konstitusi dan pemikiran ketatanegaraan Indonesia yang semakin memastikan tingkat dan daya pengaruh strategis dan menentukan dari Polri, maka sejumlah pihak senantiasa dan seterusnya berkepentingan bahkan mendesakkan kepentingan kepada institusi dan kepemimpinan Polri.

Kehadiran Polri telah berada dan berjalan dalam ruang perjalanan sejarah yang semakin menumbuhkan independensi, kemandirian, dan profesionalisme sebagai Bhayangkara Negara. Polri dalam beberapa tahun terakhir di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Pol. Prof. Drs. Tito Karnavian, MA, Ph.D telah memastikan dan menunjukkan keberhasilan luar biasa dengan prestasi gemilang yang berkualifikasi cemerlang dan mengharumkan.

Kapolri Tito Karnavian beserta staf dan jajaran Polri sudah berhasil memastikan berjalannya reformasi Polri dan berhasil meningkatkan pergerakan dan perkembangan Polri yang Profesional, Moderen, Terpercaya (ProMoTer). Polri beserta jajarannya mendapat apresiasi, pujian, kepercayaan, dukungan luas dan umum dari publik domestik dalam negeri dan dunia internasional. Polri juga memperoleh dukungan dan simpati dari berbagai lembaga kenegaraan, institusi pemerintahan, kalangan civil society, media, komunitas profesional, ormas, dan paguyuban.

Kapolri Tito Karnavian selama ini telah berkemauan kuat, berjuang keras, dan bertekad bulat bersama staf secara profesional dan kredibel untuk mengukuhkan dan menjabarkan konkrit sosok Polri yang ProMoTer. Kapolri Tito Karnavian beserta jajarannya senantiasa dan selanjutnya berperan menjaga doktrin dan membangun spritualitas jajaran Polri sebagai Bhayangkara Negara untuk mengorganisasikan dan menjalankan fungsi, tugas, kewenangan, dan tanggungjawab Polri.

Masyarakat dan bangsa Indonesia pada dasarnya mendukung sepenuhnya prestasi gemilang atas keberhasilan dan kelanjutan kualitas kinerja Polri di bawah kepemimpinan Kapolri Tito Karnavian. Masyarakat dan bangsa Indonesia pada dasarnya bahkan sejatinya memaknai dukungan penuh kepada Polri dan Kapolri melalui pola pendekatan dan upaya cara yang massif untuk mengawal dan menjaga Polri dari serangan yang mengganggu, merusak, dan mendelegitimasi Polri.

Institusi Polri dan Kapolri merupakan pusat strategis dan benteng pemakna “Indonesia Merah Putih”. Kualitas kepemimpinan dan kinerja Kapolri Tito Karnavian secara normatif semakin mencerminkan intisari dan hakekat Polri yang ProMoTer.

Kualitas ini secara normatif semakin berproses tumbuh dan tambah berarti ketika kualitas ini menjadi membudaya dan melembaga secara praktik nyata di kalangan Polri. Program menuju Polri yang Promoter dari Kapolri Tito Karnavian merupakan jabaran lanjutan dan aksi nyata dari Program Nawacita Pemerintahan Jokowi-JK.

Institusi Polri di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Pol. Prof. Tito Karnavian sudah semakin terkonsolidasi rapi dan terbangun efektif melalui berbagai gerakan reformasi dan kebijakan transformasi. Reformasi dan transformasi Polri berjalan seiring dan searah dengan percepatan dan peningkatan kualitas pelaksanaan program prioritas dan kegiatan utama Polri. Agenda ini melambangkan secara simbolik dan memastikan secara otentik kemauan kuat dan tekad bulat Polri untuk semakin memaknai reformasi dan transformasi di jajaran Polri.

Jabarannya diterjemahkan dan dijabarkan oleh Polri secara institusional dan profesional sebagaimana konstruksi dan substansi program dan kegiatan Polri yang dilaksanakan berdasarkan konstitusi dan peraturan perundang-undangan. Ada sejumlah indikator positif dengan parameter terukur yang menjadi perspektif pemikiran, yang berkesimpulan bahwa Polri beserta jajarannya mendapat peningkatan apresiasi, dukungan, dan kepercayaan masyarakat terhadap Polri secara signifikan.

Masyarakat semakin merasakan hasil penyelenggaraan konsolidasi dan reformasi pemeliharaan keamanan nasional dan ketertiban umum ; konsolidasi dan reformasi penegakan hukum dan keadilan ; konsolidasi dan reformasi perlindungan dan pelayanan masyarakat. Masyarakat juga mulai dan sedang merasakan dinamika proses dan kemanfaatan dari Polri yang ProMoTer.

Institusi Polri dalam sebuah, bahkan dalam sejumlah kesempatan menyampaikan hasil riset dan survei beberapa lembaga bertaraf nasional dan internasional yang sangat independen dan kredibel. Lembaga ini melakukan riset dan survey berkaitan dengan Polri.

Perkembangan berita ini tentu sudah dipantau oleh Presiden RI Jokowi, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla; pimpinan lembaga-lembaga, badan-badan, komisi-komisi, dewan-dewan, institusi-institusi kenegaraan; organ-organ kemasyarakatan dan kebangsaan, kalangan civil society, media massa, komunitas profesional, intelektual ; dan publik.

Materi riset dan survei berkesimpulan bahwa institusi Polri beserta jajarannya berhasil melakukan reformasi secara bermakna dan transformasi secara berarti. Hasil reformasi dan transformasi Polri mengalami kemajuan pesat dan signifikan. Hasilnya mendapat apresiasi, dukungan, dan kepercayaan publik. Perihal keberhasilan ini merefleksikan dan menunjukkan dengan nyata prestasi kepemimpinan Kapolri Tito Karnavian sebagai pemimpin utama dan pengendali strategis Polri yang dibantu oleh kepemimpinan satuan wilayah dan satuan kerja beserta seluruh staf dan anggota Polri.

Ada kualitas dan integritas kepemimpinan Kapolri Tito Karnavian yang berbasis pada keteladanan. Ada revolusi mental dan transformasi kultural yang bertumpu pada pembaruan dan perbaikan kinerja.

***

 

Baca Juga :   Rekonstruksi Hukum Nasional untuk Indonesia Maju