pelantar.id – Mobil keliling milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam mulai melayani pengurusan dan pencetakan KTP elektronik atau e-KTP di lokasi kebakaran Pesantren Aljabar, Bengkong, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (26/10). Sebelumnya, mobil keliling ini juga melayani perekaman dan pencetakan e-KTP di lokasi kebakaran Tiban 1,  Sekupang.

Kepala Disdukcapil Batam, Said Khaidar mengatakan, mobil layanan keliling ini bertujuan untuk membantu korban kebakaran memiliki kembali e-KTP mereka yang kemungkinan ikut terbakar dalam musibah tersebut. Selain e-KTP, mobil keliling juga melayani pengurusan berkas-berkas lain yang berkaitan dengan administrasi kependudukan, seperti Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran.

Petugas Disdukcapil Batam melayani warga yang mengurus e-KTP di lokasi kebakaran Bengkong Aljabar, Kamis (26/10).
Foto : PELANTAR/Fathurrohim

Menurut Said Khaidar, para korban kebakaran masuk ke dalam kategori masyarakat rentan Administrasi Penduduk (Adminduk). Artinya, seluruh korban itu perlu mendapat perhatian khusus untuk pengurusan berkas kependudukannya.

Baca Juga :   Impor dan Ekspor Kepri Turun Tajam

“Dalam hal ini, kami ingin memberikan layanan prima dengan mendatangi langsung lokasi korban kebakaran. Harapannya semoga dapat membantu meringankan beban serta permasalahan yang mereka hadapi,” katanya ditemui di lokasi kebakaran Bengkong Aljabar.

 

Baca Juga : 

 

Lanjut Said, untuk saat ini pihaknya hanya melayani perekaman sekaligus percetakan e-KTP saja. Hal tersebut lantaran alat cetak untuk KK dan Akta Kelahiran tak tersedia di mobil keliling unit layanan Disdukcapil Batam.

Meski begitu, pengurusan KK juga Akta Kelahiran dapat dilakukan di Kantor Disdukcapil Batam dengan melampirkan surat pengatar dari kelurahan.

Baca Juga :   KPU Minta Gubernur Kepri Sediakan Lahan untuk Kantor

“Seperti yang dikatakan di awal tadi, korban kebakaran ini menjadi prioritas saat ini. Untuk itu, pelayanan maksimal akan diberikan guna meringankan beban mereka,” jelasnya.

Hingga pukul 12.00 WIB, petugas sudah mencetak 14 e-KTP di mobil keliling yang parkir di lokasi kebakaran Bengkong Aljabar. Selain warga korban kebakaran, juga ada e-KTP milik warga sekitar.

 

Reporter : Fathurrohim
Editor : Yuri B Trisna