Pelantar.id – Hingga saat ini masyarakat masih menunggu pengumuman lowongan CPNS yang belum terlaksana. Rencana pembukaan lowongan CPNS 2018 tersebut terkesan molor.

Sempat dikabarkan akan di buka pada bulan Agustus namun setelah memasuki September belum terdengar informasi terbaru. Bahkan, sebelumnya rencana pembukaan lowongan CPNS dijadwalkan pada akhir Mei lalu.

Dalam menanggapi kemoloron tersebut, Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Mudzakir menyampaikan, pihaknya mengupayakan agar lowongan CPNS 2018 bisa dibuka bulan ini.

“Kalau dalam artian bisa bulan ini, bulan ini berarti, tapi kita tidak ada kepentingan untuk menunda-nunda, ini harus segera kita infokan ke masyarakat,” katanya dilansir dari detik.com, Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Sebagai informasi, Pemerintah akan menyediakan lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk 238.015 orang yang akan ditempatkan di instansi pusat dan daerah. Dari total jumlah tersebut, sebanyak 186.744 formasi dialokasikan untuk instansi daerah.

Baca Juga :   6 Instansi Ini Buka Lowongan CPNS untuk Lulusan SMA

 

Penetapan kebutuhan instansi daerah

Berdasarkan informasi pada lampiran Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2018 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 yang ditetapkan pada 27 Agustus 2018 dan ditandatangani oleh Syafruddin, hal-hal tersebut adalah:

1. Usulan penetapan kebutuhan (formasi) dari Instansi Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota.

2. Jumlah pegawai negeri sipil yang memasuki Batas Usia Pensiun/meninggal dunia/pindah instansi tahun 2018.

3. Jumlah pegawai negeri sipil yang ada/eksisting.

4. Rasio belanja pegawai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

5. Rencana strategis, arah pembangunan, dan potensi daerah.

Baca Juga :   Serangkaian Acara Semarakkan HUT Kabupaten Karimun ke- 19

6. Kondisi geografis daerah (pegunungan dan kepulauan).

Untuk 2018, ada lima jabatan yang diproritaskan penetapannya, yaitu bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, jabatan fungsional dan teknis lain. Mereka yang berniat ingin menjadi PNS harus melewati tiga jenis seleksi.

Pertama, Seleksi Administrasi, selanjutnya Seleksi Kompetensi Dasar yang terdiri atas tiga tes yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Ketiga, Seleksi Kompetensi Bidang untuk jabatan fungsional terkait.

 

Editor: Quinna Bening

Sumber: dari berbagai sumber