Pelantar.id – Jumlah like di Instagram dijadikan tolak ukur mengukur ketenaran seseorang dalam bermedia sosial. Banyak orang yang senang membagikan postingan agar mendapatkan perhatian atau like yang banyak.

Namun, Facebook yang saat ini menaungi Instagram berencana melakukan perubahan dengan menghilangkan tombol like di Instagram. Saat ini mereka sedang melakukan uji coba untuk menghilangkan jumlah like tersebut.

Banyak alasan yang mendasari Facebook, di antaranya berupaya agar pengguna tidak terfokus lagi pada tombol like. Tombol like menurut mereka dapat menciptakan efek kompetitif.

Pengguna dapat lebih santai dan terbuka sehingga tidak perlu menjadikan like sebagai standar kepopuleran.

Dari sekian alasan tersebut, ternyata penghilangan tombol like oleh Facebook sebenarnya tidak hanya didasari oleh alasan itu. Beredar info, ada motif lain yang lebih penting yang ingin dicapai Facebook.

Baca Juga :   Facebook Satukan Chat Instagram dan Facebook Messenger

Namun menurut laporan terbaru, dari CNBC yang dikutip Selasa (10/12/2019), tiga mantan karyawan Instagram menyebut perubahan ini dilakukan agar orang semakin sering mengunggah konten.

Pertimbangannya adalah dengan menyembunyikan jumlah likes, pengguna akan meningkatkan jumlah unggahan dan menghabiskan waktu lebih lama di Instagram.

Semakin lama pengguna di Instagram, platform ini berkesempatan menampilkan iklan lebih banyak. Sementara Instagram menolak berkomentar terkait pembenaran alasan itu.