pelantar.id – Pemerintah Kabupaten Bintan tahun ini kembali akan menyediakan angkutan mudik gratis untuk warga Tambelan. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bintan Yandriansyah menyatakan, mudik gratis tersebut merupakan program prioritas Bupati Bintan Apri Sujadi yang sudah dirancang sejak lama.

“Sudah diprogramkan, namun teknisnya masih dibicarakan, terkait jadwal dan armada kapal yang akan dipakai,” kata Yandriansyah saat mendampingi Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam bersafari Ramadan di Masjid Alhikmah, Teluksasah, Bintan, Selasa (22/5).

Saat ini, menurut Yandriansyah, pihaknya tengah mendiskusikan teknis pelaksanaan mudik gratis itu dengan sejumlah pihak terkait, termasuk pemilik armada yang kapalnya akan digunakan nanti.

”Yang jelas kita sudah menganggarkan Rp500 juta untuk kapal gratis bagi masyarakat Kecamatan Tambelan yang ingin mudik lebaran tahun ini, namun secara tekhnis segala sesuatunya akan kita siapkan menjelang pelaksanaannya ” imbuhnya.

Baca Juga :   7 Bisnis Kuliner Unik, Modal Kecil Bisa Untung Besar

Pada saat kunjungan kerja ke Kecamatan Tambelan beberapa waktu yang lalu,  Apri Sujadi menyampaikan, seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemkab Bintan menyediakan angkutan lebaran ke Tambelan secara gratis untuk membantu warga yang akan berlebaran di kecamatan terjauh di Kabupaten Bintan itu.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan Laut dan Udara Dishub Kabupaten Bintan Yefrizon mengatakan, angkutan gratis juga sebagai salah satu antisipasi lonjakan arus mudik lebaran ke salah satu pulau terluar yang ada di Kabupaten Bintan.

“Teknisnya mungkin 4-5 hari sebelum lebaran dan 4–5 hari sesudah lebaran. Namun nanti akan dibahas kembali terkait tekhnis pelaksanaannya, di mana akses ke pulau tersebut yang hanya menggunakan jalur angkutan laut atau kapal ” ujar Yefrizon di kantornya.

Baca Juga :   Taufik Kurniawan dan Makelar Anggaran Dana Alokasi Khusus

Joko Sulistyo

Sumber Rilis Pemkab Bintan