Berlibur atau menikmati akhir pekan bersama orang-orang tercinta, akan memberi kenangan tak terlupakan. Bukan sekadar upaya untuk menghindarkan diri dari kejenuhan, liburan bersama keluarga juga akan meningkatkan kualitas hubungan antar-anggota keluarga.

Ada banyak pilihan kegiatan untuk mengisi waktu libur di akhir pekan. Kita tinggal menentukan lokasi, waktu dan itung-itungan biayanya. Namun, pilihlah yang paling memberi manfaat. Berikut pilihan gampang bagi Anda yang sedang merencanakan liburan bersama keluarga.

1. Membersihkan rumah bersama

Membersihkan rumah akan terasa jauh lebih menyenangkan jika dilakukan bersama-sama. Anda dapat membagi setiap pekerjaan kepada anggota keluarga. Selain melatih kerja sama dan kekompakan, aktivitas membersihkan rumah pun bisa menyehatkan. Selain karena seluruh anggota tubuh kita bergerak atau aktif, lingkungan rumah juga jadi bersih dan nyaman ditinggali.

Baca Juga :   Katarak Mulai Menyerang Usia Muda

2. Jalan atau lari santai

Bangun di pagi hari, Anda bisa mengajak anggota keluarga berjalan-jalan atau lari santai di sekitar kompleks perumahan. Ingin lebih ramai, bisa juga mengunjungi alun-alun kota. Selain dapat mempererat hubungan, kita juga akan memperoleh manfaat kebugaran. Kegiatan ini juga bisa dilakukan di sore hari.

Ilustrasi bersepeda bersama keluarga.
Foto/net

3. Bersepeda

Menggowes sepeda merupakan pilihan seru jika Anda ingin mengisi liburan atau akhir pekan bersama keluarga. Keseruan dapat diciptakan dengan menggelar adu balap. Tentu saja, Anda harus mencari lokasi bersepeda yang aman. Bisa di tanah lapang atau pinggiran pantai. Anda pun bisa saling menghibur, bernyanyi bersama sambil menikmati pemandangan saat mengayuh pedal sepeda.

Baca Juga :   Rekor Tari Gemu Famire Pecah di Karimun

4. Piknik

Pilihan ini termasuk yang paling sering dilakukan keluarga. Anda bisa menuju pantai, taman kota, kebun raya atau kolam pemancingan. Piknik bersama keluarga akan membuat kita kembali bersemangat dan gembira setelah disibukkan dengan pekerjaan sehari-hari.

Ilustrasi piknik bersama keluarga.
Foto/net

Dengan mengisi waktu libur secara sehat dan menyenangkan bersama keluarga, maka anggota keluarga akan lebih kompak dan meningkatkan kasih sayang. Mengisi waktu bersama keluarga, baik bagi keseimbangan kebutuhan tubuh dan mengurangi stres.

Efek positif liburan lainnya adalah berkembangnya wawasan dan pola pikir. Dengan mengunjungi tempat-tempat baru, kita bisa mengenal adat istiadat daerah setempat, termasuk makanan khasnya. Bahkan, percaya atau tidak, keluarga yang sering mengisi iburan bersama, diyakini memiliki tingkat risiko yang rendah terhadap perceraian dibandingkan keluarga yang tidak pernah berlibur bersama.

Baca Juga :   Samsung Galaxy A7 Segera Masuk Indonesia, Punya 4 Kamera

Editor: Yuri B Trisna