Jika Anda berolahraga karena ingin tampil lebih kurus, hal itu memang tidak salah. Namun, akan lebih baik jika olahraga dijadikan aktivitas demi untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

Pelantar.id – Ketika orang berolahraga dengan tujuan ingin kurus dan saat tidak tercapai, malah akan membuat semakin stres dan frustasi. Oleh karena itu, jika Anda ingin kurus, maka harus diimbangi dengan asupan makan yang benar.

“Olahraga itu enggak bikin kurus, diet yang bikin kurus. Karena diet itu contributenya 70 persen, olahraga cuma 70 persen,” ujar Riana Bismarak, pelatih kebugaran di Jakarta seperti dilansir detikHealth.

Menurut Riana, olahraga saja tidak akan membuat seseorang menjadi kurus, tapi agar menjadi sehat.

“Karena kalau olahraga buat kurus itu agak susah banget ya. Dan buat saya, itu goal yang enggak pasti, enggak realistis,” kata wanita bugar berusia 47 tahun ini.

Berdasarkan pengalaman Riana, berat badannya dulu pernah naik 10 kilogram dan selama setahun ia hanya berhasil menurunkan sekitar 6 kilogram. Ia menyebut prosesnya sangat susah, padahal ia sendiri adalah orang yang gemar berolahraga.

Baca Juga :   Empat Pemain Liverpool Masuk Nominasi Ballon d'Or 2018

Riana mencontohkan dengan orang yang rutin berolahraga, namun pola makannya tidak dijaga alias masih makan sembarangan. Olahraga yang tidak tepat juga bisa membuat badan bukan semakin ramping, malah semakin besar.

Menurutnya, permasalahan ini lebih berat pada perempuan, karena metabolisme tubuh wanita berbeda dengan laki-laki. Jadi jika Anda ingin tubuh yang ramping dan seksi, hindari olahraga yang salah seperti angkat beban.

“Olahraga yang salah bisa bikin kita tambah gede, jadi lebih bulky. Kalo nggak pengen gitu jangan angkat beban, olahraganya low weight repetition. Jadi bebannya ringan tapi diulang-ulang, itu bisa bikin tubuhmu lebih berbentuk,” ujarnya.

Riana menyarankan untuk berolahraga lebih bervariasi agar tidak bosan, dan tidak perlu setiap hari. Olahraga cukup 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

“Olahraga setiap hari menurut saya enggak bagus juga, karena muscle itu perlu istirahat. Jangan lupa pas olahraga, you doing it with fun,” kata dia.

Ilustrasi Olahraga.Foto/net

 

Sehat dan Awet Muda

Banyak orang memercayai bahwa olahraga dapat membantu menjaga kebugaran dan menurunkan berat badan. Hal itu adalah fakta yang sudah dibuktikan sejumlah penelitian.

Baca Juga :   Lima Laptop dengan Teknologi Layar Futuristik di Tahun 2020

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan University of Birmingham, Inggris dan King’s College London mencoba melihat seberapa banyak orang sehat yang benar-benar menjalani olahraga seumur hidup. Hasil yang diterbitkan dalam jurnal Aging Cell, Kamis (8/3/2018), membenarkan fakta bahwa kebugaran adalah kunci untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar bisa awet muda dan sehat. Dengan catatan, olahraga disiplin dilakukan seumur hidup.

Penelitian ini melibatkan 125 orang berusia 55 sampai 79 tahun yang memiliki hobi bersepeda. Peneliti tidak melibatkan perokok, peminum alkohol, atau orang yang memiliki masalah kesehatan lainnya dalam penelitian ini.

Pesepeda pria mampu menempuh jarak 62 mil atau 99,77 kilometer dalam waktu kurang dari 6,5 jam, sementara pesepeda perempuan mampu mengayuh sepeda sejauh 37 mil atau 59,54 kilometer dalam 5,5 jam. Peneliti kemudian memeriksa kesehatan peserta, meliputi tekanan darah, massa otot, kolesterol dan sel T yang penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat.

Baca Juga :   Hutan Larangan dan Kisah-kisah Lainnya

Hasil pemeriksaan itu kemudian dibandingkan dengan data dari 75 peserta berusia 57 sampai 88 tahun dan 55 peserta berusia 20 sampai 36 tahun yang rutin melakukan olahraga setiap hari sepanjang hidupnya. Hasilnya, olahraga seumur hidup bisa membantu untuk mempertahankan massa otot, menurunkan lemak tubuh, dan menurunkan kolesterol.

Selain itu, orang yang rutin berolahraga di gym memiliki sistem kekebalan tubuh yang jauh lebih muda. Stephen Harridge, pakar fisiologi manusia dari King’s College London yang menulis laporan ini percaya bahwa peserta dari kelompok penelitian yang sama tidak akan mendapat manfaat keuntungan yang sama tanpa olahraga.

“Bagi mereka yang tidak disiplin olahraga, artinya mereka telah mengijinkan tubuhnya untuk lebih mudah menua, dan memiliki masalah kesehatan yang memburuk karena tidak aktif olahraga,” ujar Harridge dilansir Kompas.com.

Tunggu apa lagi, sekarang masih ada kesempatan untuk rajin berolahraga demi tubuh yang sehat dan awet muda.

Editor: Yuri B Trisna