pelantar.id – Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Kepri, melakukan pemantauan pelayanan arus mudik lebaran 2018 di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, Senin, (11/6). Ombudsman Kepri turun langsung untuk memastikan persiapan dan pelayanan kepada pemudik di bandara tersebut berjalan lancar dan nyaman.

Kepala Ombudsman Kepri Lagat Parroha Patar Siadari menilai, sejauh pantauan langsung yang dilakukannya, pelayanan pemudik di Hang Nadim sudah cukup memadai. Dia menyebut, otoritas bandara telah mempersiapkan segala kebutuhan para pemudik dengan cukup matang.

“Sudah cukup bagus, pengamanan siap, pos kesehatan juga sudah cukup baik,” kata Lagat.

Selain memeriksa ruang kesehatan, Ombudsman juga meninjau fasilitas ruangan khusus menyusuinyang dipersiapkan untuk mengantisipasi kepadatan pemudik. Selain itu, rombongan juga mengelilingi ruang tunggu penumpang untuk memastikan tidak ada faktor kenyamanan yang luput dari perhatian petugas.

Baca Juga :   Nasib Anak Saksi Yehova antara Hormat Bendera dan Mengikuti Kepercayaan Orangtua

Selanjutnya, rombongan juga meminta otoritas bandara memastikan ketersediaan kursi roda untuk pemudik yang membutuhkan, dan memastikan kesiapan toilet serta layanan antrian check in tiket maskapai penerbangan.

Tidak hanya itu, Lagat juga meminta pihak keamanan bandara untuk mengatur kendaraan yang parkir sembarangan di area menurunkan penumpang.

“Kalau semrawut kan malah mengganggu kelancaran pemudik jadinya,” ungkap Lagat.

Kepala Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Suwarso mendampingi tinjauan Ombudsman itu bersama perwakilan TNI AU, Polri dan jajaran pengamanan serta kesehatan bandara.

Joko Sulistyo