Pelantar.id – Indonesia akan mempertimbangkan pembukaan pariwisata untuk empat negara. Indonesia berencana menerapkan travel bubble dengan China, Korea Selatan, Jepang dan Australia.

Sejumlah negara terutama yang berhasil menekan dan mengendalikan angka kasus positif Covid-19, telah mulai membuka wisata melalui konsep travel bubble dengan negara lainnya.

Dikutip dari sindonews.com, Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Oddo Manuhutu mengatakan bahwa pengaturan dengan empat negara ini akan menjadi “prototipe” sebelum rute perjalanan lainnya dibuka.

Dia mengindikasikan bahwa keempat negara dipilih karena “investasi mereka telah banyak membantu perekonomian Indonesia.”

“Empat negara ini sebagai prototyping sebelum membuka ke (negara) yang lain. Harapannya dengan kita buka dulu itu akan belajar, tahu plus-minusnya. Dari pengalaman itu mungkin bisa diterapkan dengan travel bubble atau travel corridor dengan tempat lain,” ujar dia.

Baca Juga :   Maret-April 2020 Kunjungan Wisatawan ke Indonesia Anjlok

Namun, pemerintah masih mempertimbangkan kriteria dan protokol terkait travel bubble dan membahasnya dengan keempat negara tersebut.

Pemerintah perlahan-lahan membuka kembali beberapa tujuan wisata di seluruh negeri meskipun risiko tinggi penyebaran virus corona masih tinggi.

Pariwisata Indonesia sangat berdampak sejak pandemi dan langkah itu diharapkan dapat berdampak pada ekonomi sektor pariwisata.