pelantar.id – Pemerintah berencana membuat sentra penangkapan ikan. Lokasinya di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, rencana tersebut akan dilengkapi dengan sarana dan fasilitas lengkap untuk para nelayan di Natuna. Nantinya, akan ada basic logistic di sana.

“Kita mau buat fishing dome di Natuna, kita mau bikin basic logistic di Natuna. Jadi di daerah ZEE (zona ekonomi eksklusif) itu ikannya banyak tuh, di situ kita buat satu area penangkapan ikan,” kata Luhut pada acara Afternoon Tea, di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Rabu (20/2/19).

Salah satu fasilitas yang akan disediakan pemerintah adalah, memberikan kapal tanker pengangkut bahan bakar yang bisa memfasilitasi kebutuhan bahan bakar nelayan di tengah laut. Dengan begitu, nelayan bisa berada di laut dalam beberapa waktu.

Baca Juga :   Peneliti Temukan Kecoak Laut Raksasa di Selat Sunda

“Nanti kita sediakan kapal tanker yang akan berikan bahan bakar di tengah laut. Kapal bisa disitu beberapa waktu, nelayan senang kalau itu ada,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Luhut, pemerintah juga akan memberikan pengawalan kepada para nelayan dengan beberapa kapal patroli TNI.

“Kita sediakan juga nanti kapal patroli TNI, jadi nanti nggak ada negara yang klaim itu traditional fishing zone mereka,” kata dia.

Luhut menambahkan, selain sentra penangkapan, juga akan dibuat sentra penjualan ikan di Pulau Natuna. Dengan demikian para nelayan yang melaut bisa langsung membawa hasil tangkapannya ke pulau terdekat.

“Kita akan buat di Natuna itu tempat penjualan ikan, cold storage dan sebagainya. Ikannya bisa dibawa langsung ke Pulau Natuna, sehingga tangkapan ikan kita lebih banyak lagi,” ujar Luhut.

Baca Juga :   Karantina Karimun Bakar 600 Kilogram Barang Tegahan, Pemiliknya Tak Diketahui

Menurut Luhut, rencana tersebut masih dalam perencanaan. Rencana ini, diharapkan bisa terealisasi pada Kuartal III tahun ini.

“Kita siapkan sekarang ini, dan kita berharap Kuartal III tahun ini sudah mulai berjalan,” kata dia. 

*****

Sumber : Detik.com