Pelantar.id – Sebanyak 21 orang asal Indonesia masuk ke dalam Forbes World’s Billionaires 2019. Diantaranya adalah Hartono bersaudara, yakni Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono.

Dua taipan anak dari pendiri perusahaan Djarum yaitu Oei Wie Gwan, ini masuk peringkat 100 besar orang terkaya di dunia. R Budi Hartono berada di peringkat 54 dunia dan menjadi orang terkaya se-Indonesia, sedangkan Michael Hartono berada di peringkat 56 dan menjadikannya sebagai orang terkaya kedua di Indonesia.

Forbes mencatat kekayaan Budi Hartono dan saudara kandungnya Michael Hartono (yang kekayaannya dipisahkan) ditopang dari bisnis bank yakni PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dan perusahaan rokok Djarum. Ia juga memiliki brand alat elektronik seperti Polytron, bisnis real estate di Jakarta, dan perusahaan gaming.

Baca Juga :   Makam Cicit Khalifah Umar bin Khatab Dibongkar Pasukan Milisi

Sementara Michael Hartono memiliki kekayaan US$18,5 miliar. Dia adalah orang terkaya kedua di Indonesia. Michael punya hobi bermain bridge dan mendapat medali perunggu di Asian Games 2018 di Jakarta. Michael Hartono, kekayaannya hampir sama dengan Budi Hartono yakni berasal dari BCA dan Djarum.

Mengacu data laporan keuangan BCA per September 2018, keduanya adalah pemilik BCA melalui PT Dwimuria Investama Andalan.

Sisa saham BCA lainnya dimiliki oleh Anythony Salim dari Grup Salim, dan direksi serta komisaris lainnya. Investor publik memegang 43,11% saham emiten perbankan dengan kode BBCA ini.

Pada 2017, BCA membagikan dividen sebesar Rp 6,29 triliun dari laba buku 2017 senilai Rp23,3 triliun. Angka tersebut naik 27,5% dibanding tahun sebelumnya yang mencapai Rp 4,93 triliun. Jumlah tersebut sudah termasuk dividen interim sebesar Rp80 yang telah dibayarkan BCA pada Desember 2017.

Baca Juga :   Nahkoda Kapal Tes Urin dan Narkoba di Karimun

sumber: cnbcindonesia