pelantar.id – Pemerintah sudah mengumumkan hasil seleksi administrasi untuk penerimaan CPNS 2018, Minggu (21/10). Bagi pelamar yang tak lulus, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau membuka ruang pengaduan jika ingin melakukan cek ulang dan sanggahan

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Kepri, Firdaus mengatakan, ruang pengaduan dibuka jika ada pelamar yang ingin menyanggah hasil pengumuman seleksi administrasi CPNS yang sudah dikeluarkan pemerintah.

“Silakan datang ke Kantor BKPSDM di Pulau Dompak, Tanjungpinang kalau memang ada pelamar yang ingin mengecek ulang atau menyanggah hasil seleksi administrasi tersebut,” katanya di Tanjungpinang, kemarin.

Ia menegaskan, proses verifikasi berkas administrasi pelamar dilakukan oleh para staf BKPSDM Kepri dengan berpatokan pada rambu-rambu yang ditetapkan Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Karena itu, sebelum datang dan melakukan sanggahan ke Kantor BKPSDM Kepri di Dompak, ia mengimbau para pelamar yang tak lulus seleksi administrasi untuk mengecek terlebih dahulu kelengkapan berkas lamarannya.

Baca Juga :   Pusat Tak Setuju, PLN Batam Batalkan Pemadaman Listrik

Menurut Firdaus, para pelamar yang tak lulus seleksi administrasi, disebabkan adanya ketidaksesuaian antara berkas yang dimasukkan dengan persyaratan yang sudah ditentukan. Misalnya, soal standar atau batas minimal indeks prestasi kumulatif (IPK) 2,75.

“Ada pelamar yang IPK-nya tak memenuhi standar. IPK 2,65 padahal standarnya 2,75,” ujar Firdaus.

Baca Juga : 

Penyebab lain contohnya, alamat lamaran. Ada pelamar yang salah dalam menyertakan alamat pelamaran. Ingin melamar CPNS di Kementerian tapi ditujukan ke Pemprov Kepri.

“Jadi memang yang tidak lulus itu macam-macam sebabnya. Ada yang kurang lengkap administrasinya, ada yang tidak memenuhi standar, salah alamat dan lainnya,” kata dia.

Baca Juga :   Anggaran Defisit, Kepri Pangkas Kegiatan

Firdaus memastikan, jika sanggahan yang disampaikan pelamar memiliki dasar yang kuat dan bisa dipertanggungjawabkan, pihaknya akan meneruskan sanggahan tersebut ke BKN. Ia menegaskan, BKPSDM Kepri tidak berwenang memutuskan apapun hasil sanggahan pelamar tersebut.

“Kami hanya meneruskan, keputusannya tetap di BKN. Pelaporan sanggahan ke BKN pun tidak sembarangan, harus bisa dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

 

 

Editor : Yuri B Trisna