Pelantar.id – Orang tua terkadang senang memberikan gadget pada anak untuk mendiamkan atau mengalihkan perhatian mereka. Misalnya memutarkan video-video lucu di smartphone tampaknya berhasil menghiburnya.

Orang tua mungkin beralasan memberikan gadget juga sebagai media edukasi. Namun, sayangnya tak jarang orang tua yang sadar bahwa kebiasaan tersebut harus diatur karena tanpa pembatasan waktu bermain gadget, anak-anak sering lupa waktu dan bergantung pada gadget.

Kecanduan gadget harus segera dibatasi dan orang tua punya kendali untuk mengaturnya, baik mangatur waktu hingga penting juga melihat apa yang diakses anak.

Menurut Psikolog Batam, Anindya Ayu Hirasti bahwa sangat penting mengingatkan orang tua ketika memutuskan memberikan gadget pada anak.

Baca Juga :   Lomba Video Pendek Millennials Kemenpar Berhadiah Rp 200 juta

“Batasi maksudnya kasih batasan waktu penggunaan, sesuaikan waktu penggunaan sesuai usianya,” kata dia.

Kemudian, orang tua perlu membuat aturan yang tegas, kalau memang bukan waktunya bermain gadget, sebaiknya gadget tidak diberikan.

“Jika anak merengek orang tua harus memberikan pengertian kenapa tidak boleh bermain gadget terlalu lama. Kalau time is up ya sudah tidak boleh. Harus konsisten untuk batasan peraturan ini,” tambah Anin.

Sementara itu, untuk memantau aktivitas anak saat bermain gadget, menurut Anin juga perlu pendampingan. Tiap kali anak memegang gadget sebaiknya orangtua ikut mendampingi minimal mengetahui apa yang diakses anak dan membantu melakukan filter apa yang diakses.