Pelantar.id – Air putih memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Tubuh kita membutuhkan air untuk memperlancar pencernaan. Namun, kita masih mengabaikan untuk konsumsi sesuai kebutuhan.

Selain dikonsumsi sebagai kebutuhan sehari-hari, minum air putih secara rutin dan cukup juga memberikan banyak manfaat untuk tubuh.

Air dalam tubuh manusia sebagai alat mengontrol suhu tubuh. Mengonsumsi banyak air putih tak akan memberikan efek samping. Air putih tidak mengandung kandungan kalori, lemak, karbohidrat serta kandungan gula.

Menurut Institute of Madicine, mengonsumsi air putih yang baik setiap orang berbeda-beda per harinya. Namun secara umum, seseorang perlu setidaknya 13 gelas untuk laki-laki dan 9 gelas untuk perempuan. Hal tersebut juga sesuai dengan usia serta ukuran tubuhnya masing-masing.

Berikut beberapa manfaat air putih yang baik bagi kesehatan tubuh manusia yang berhasil dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (11/3/2019).

  • Meningkatkan kinerja daya otak dan menyediakan energi

Air putih sangat baik untuk otak karena otak manusia terbuat dari 73% air. Banyak mengonsumsi air putih akan memberikan manfaat pada otak.

Kebutuhan air putih yang cukup akan membantu untuk lebih fokus, mudah berpikir, berkonsentrasi dan tetap dalam keadaan terjaga taau waspada.

Baca Juga :   Love for Sale 2: Sentuhan Emosional Keluarga dalam Balutan Patah Hati

Hal tersebut juga akan mempengaruhi tingkat energi pada seluruh tubuh. Kekurangan air putih bisa membuat otakmu dehidrasi.

  • Membantu mengeluarkan toksin dalam tubuh

Manfaat air putih disini akan membantu mengeluarkan toksin-toksin tersebut dari makanan yang Anda konsumsi. Air putih adalah penolong untuk mengeluarkan toksin tersebut dari tubuh kamu serta membuang zat yang beresiko bagi kesehatan melalui keringat.

Tak hanya keringat, manfaat air putih juga membantu mempelancar pembuangan toksin melalui urin. Hal ini menjadikan tubuh terhindar dari penyakit batu ginjal.

  • Baik untuk kesehatan kulit

Manfaat air putih selanjutnya adalah untuk menjaga kesegaran kulit. Dengan mengonsumsi air putih akan memberikan efek pada kulit. Kulit tidak akan terlihat kering dan mudah berkerut.

Air putih membantu melembabkan kulit, membuat kulit menjadi kulit dan menyamarkan kerutan. Kulit manusia termasuk alam organ tubuh. Sehingga penting untuk menjaganya. Berdasarkan UW Health, jika kekurangan mengonsumsi air putih maka kulit akan tampak kering, tidak kencang dan bersisik yang berakibat berkerut.

  • Meningkatkan dan memperkuat sistem imun pada tubuh

Manfaat air putih yang penting bagi tubuh lainnya dalah membantu meningkatkan dan memperkuat sistem imun. Imun yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh akan menjadi sehat. Banyak konsumsi air putih maka sistem kekebalan menjadi lebi kuat.

Baca Juga :   Daftar Negara yang Saat Ini Menerima Wisatawan

Air akan membawa oksigen ke sel-sel tubuh sehingga sistem menjadi berlancar lancar serta air dapat membersihkan racun berbahaya dari tubuh karena kinerja ginjal menjadi lancar dan baik. Manfaat air putih juga terbukti mengurangi resiko kanker kandung kemih.

  • Mengurangi rasa lelah, meningkatkan mood dan meredakan sakit kepala

Rasa lelah dan lesu pada tubuh ada kemungkinan jika tubuh kekurangan cairan atau tanda-tanda dehidrasi. Maka dari itu penting bagi kamu untuk mengonsumsi air putih. Jika tubuh kekurangan cairan, maka kerja pacu jantung akan semakin keras sehingga jaringan dalam tubuh tidak berfungsi optimal.

Manfaat air putih juga bisa untuk meningkatkan mood seseorang. Dehidrasi akan memengaruhi mood dan suasana hati seseorang menjadi turun dan tak bersemangat. Dengan asupan cairan yang cukup, maka mood akan kembali positif.

Dehidrasi juga memengaruhi sakit kepala. Menurut Europea Journal of Neurology, konsumsi air putih yang cukup akan meredakan dehidrasi sehingga menolong kurangi rasa sakit pada kepala.

sumber: liputan6