pelantar.id – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Nurdin Basirun mendorong perempuan di Kepri berperan aktif mengembangkan ekonomi kreatif. Perempuan harus terus berinovasi dan mengembangkan kemampuan diri jika ingin menjadi perempuan yang mandiri.

“Tak ada keberhasilan yang langsung besar, semua harus dimulai dari yang kecil, dari bawah. Yang penting, tidak mudah putus asa. Harus terus berusaha, kembangkan kemampuan diri, buat inovasi,” kata Nurdin saat membuka acara pengukuhan pengurus 5 DPC Perkumpulan Perempuan Wirausaha (Perwira) se-Kepri di Hotel Bintan Plaza, Tanjungpinang, Kepri, Senin (5/11/18), dikutip dari laman kepriprov.go.id.

Nurdin mengatakan, peningkatan perekonomian kreatif memang menjadi tugas semua elemen masyarakat, terutama pemerintah. Dan peran perempuan sangat penting untuk membuat ekonomi kreatif terus berkembang.

Lisna, pelaku ekonomi kreatif di Kota Batam menunjukkan produk Isnapuring Craft saat ikut bazar di Batam , Sabtu (3/11/18).
(3/11/18).
Foto : PELANTAR/Fathurrohim

Pemerintah Provinsi Kepri, dan juga pemerintah kota/kabupaten di Kepri juga terus berupaya membuka semua jalan yang dibutuhkan para pengusaha, khususnya kalangan perempuan agar usahanya dapat terus terjaga dan meningkat. Di antara usaha pemerintah untuk mendukung hal itu adalah dengan membangun kelengkapan infrastruktur sarana dan prasarana seperti pelabuhan, jembatan, kawasan ekonomi khusus, kawasan pariwisata dan lainnya.

Baca Juga :   Cara-Cara Ilmuan Memberi Nama Dinosaurus

Menurut Nurdin, Pemprov Kepri terus mendorong peningkatan ekonomi kerakyatan khususnya melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Ditegaskannya, UMKM merupakan dasar dari peningkatan pembangunan perekonomian daerah.

“Saya percaya, UMKM dapat mendorong peningkatan perekonomian masyarakat dan berdampak positif bagi perekonomian daerah,” katanya.

Gubernur beraharap, para perempuan yang tergabung di Perwira bisa memberdayakan danmeningkatkan peran UMKM bagi perekonomian Kepri.

Bangun Perempuan Mandiri

Di tempat yang sama, Ketua DPD Perwira Provinsi Kepri, Teti Siregar mengatakan, sejak dibentuk pada 2016 lalu, Perwira bertekad untuk terus membangun karakter perempuan Kepri yang kuat dan mandiri secara ekonomi. Selain untuk diri sendiri, dan keluarga, penguatan ekonomi perempuan juga akan memberi sumbangsih penting terhadap perekonomian di daerah.

Teti mengatakan, sesuai tema yang diusung dalam acara itu yakni, Bersama Perwira Memberdayakan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif, maka Perwira Kepri akan selalu membekali para perempuan, baik anggota maupun eksternal, ilmu tentang perekonomian, kesehatan dan hal-hal lain berkaitan dengan pembangunan di Kepri.

Baca Juga :   Jembatan Batam-Bintan dan Hasrat Gubernur Nurdin

Baca Juga :

Kepri Mulai Serius Kembangkan Ekonomi Kreatif

Perwira Kepri, lanjut Teti, ingin membangun dan meningkatkan peran perempuan dalam pembangunan melalui perekonomian, khususnya ekonomi kreatif. Karena itu, setiap pengurus dan anggota Perwira di Kepri diminta aktif menggali semua potensi yang ada di lingkungan masing-masing demi maksimalnya upaya pengembangan ekonomi kreatif perempuan Kepri.

Pada acara itu, dikukuhkan pengurus 5 DPC Perwira masa bakti 2018-2023 yakni, Perwira Kota Batam dengan ketua Okta Sakti S, Kabupaten Bintan (Ketua Hardina Simanjuntak), Karimun (Ketua Yuliani Ekawati), Lingga (Ketua Nani Ekawati), dan Kabupaten Kepulauan Anambas dengan ketua Dahlia Harisa). Mewakili para ketua itu, Okta Sakti berharap agar Periwa di seluruh Kepri ini selalu kompak dan bisa berkerja sama mewujudkan perempuan Kepri yang hebat dan tangguh secara ekonomi sehingga mampu ikut serta dalam pembangunan di daerah.

 

Editor : Yuri B Trisna