pelantar.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada pemuda Indonesia, terutama generasi milenial agar menjadikan Hari Pahlawan sebagai penyemangat untuk terus berkarya mengharumkan nama bangsa. Pemuda milenial harus terus berkreasi dan berinovasi.

“Semangat memajukan bangsa ini, semangat untuk membuat negara Indonesia ini maju,” kata Presiden Jokowi di Kantor Gubernur Provinsi Jawa Barat, Bandung, Sabtu (10/11/18) dikutip dari Tempo.co

Di Hari Pahlawan tahun ini, Presiden Jokowi memimpin upacara di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Bandung. Selepas itu, ia berziarah ke makam sejumlah pahlawan nasional seperti Abdul Moeis, perintis kemerdekaan Indonesia.

Menurut Jokowi, semangat pemuda memberikan yang terbaik untuk bangsa itu pula yang membuat para pahlawan terus berjuang.

Baca Juga :   Dinkes Awasi Perekrutan Pegawai Non-PNS RSUP Kepri

“Semangat untuk merdeka setelah itu semangat untuk membangun negara, semangat untuk memajukan negara, semangat untuk membuat Indonesia maju,” katanya.

Prosesi tabur bunga dalam rangka peringatan Hari Pahlawan di Mako Lanal Batam, Tanjungerlian, Batam, Sabtu (10/11/18).
Foto: PELANTAR/Fathurrohim

Hari Pahlawan diperingati setiap 10 November. Peringatan ini mengenang perjuangan para pahlawan pada 10 November 1945 di Surabaya, Jawa Timur

Hari Pahlawan di Batam

Di Kota Batam, Kepulauan Riau, upacara peringatan Hari Pahlawan dilaksanakan di Markas Komando Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batam, mulai pukul 08.00 WIB yang ditutup dengan tabur bunga pukul 09.00 WIB.

Upacara itu, selain dihadiri jajaran TNI dan Polri serta pejabat Pemerintah Kota Batam, juga diikuti 15 veteran. Mereka tampak hikmad mengikuti jalannya upacara dan prosesi tabur bunga.

Baca Juga :   Para Ahli: Minum Kopi Sebelum Sarapan Berbahaya, Berikut Alasannya

Beberapa veteran terlihat tak bisa menahan air mata yang jatuh di kulit pipinya yang keriput.

Para veteran mengikuti peringatan Hari Pahlawan di Mako Lanal Batam, Sabtu (10/11/18).
Foto: PELANTAR/Fathurrohim

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi yang menjadi inspektur upacara mengatakan, di masa sekarang ini, siapapun bisa menjadi pahlawan. Siapa saja dapat berinisiatif melakukan hal yang bermanfaat bagi lingkungan di sekitarnya.

Semangat kepahlawanan harus terus ditularkan dengan cara menginspirasi masyarakat. Tidak ada kata akhir untuk berjuang, harus membangkitkan ide dalam mentransformasikan perjuangan para pahlawan dalam bentuk pembangunan, memperkuat bangsa dalam menghadapi tantangan global.

“Indonesia, dan khususnya Kota Batam, membutuhkan pemuda-pemuda yang optimistis, pemuda yang selalu semangat memandang masa sekarang dan masa depan, tapi juga tidak lupa terhadap sejarah,” katanya.

Baca Juga :   556.885 Masyarakat Batam Sudah Divaksin

Rudi mengatakan, pesan yang paling diingatnya di setiap Hari Pahlawan adalah pesan Jenderal Besar Sudirman, seorang pemimpin harus berada di tengah masyarakatnya. Dengan begitu, masyarakat akan merasa memiliki pemimpin yang dekat dengan mereka.

“Itulah teladan yang bisa dilihat dari para pahlawan kemerdekaan Indonesia di masanya,” kata dia.

Tak lupa, Rudi pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada veteran di Batam. Ia memastikan, pemerintah tetap berkomitmen memberikan perhatian, karena jasa-jasa veteran tidak akan bisa digantikan.

“Pemerintah berkomitmen melayani mereka (veteran), tentu sesuai kemampuan daerah,” katanya.

 

 

Reporter : Fathurrohim
Editor : Yuri B Trisna