pelantar.id – Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menempati posisi paling rendah dalam daftar peringkat kemiskinan di Pulau Sumatera pada tahun 2018. Sementara, provinsi yang paling tinggi adalah Aceh.

Daftar peringkat Kemiskinan di Sumatera itu dilansir Badan Pusat Statistik (BPS), Rabu (16/1/19). Daftar ini cukup mengejutkan mengingat Aceh adalah provinsi yang memiliki kekayaan alam besar dan alokasi dana khusus.

Berdasar data BPS, persentase penduduk miskin di Aceh mencapai 15,68 persen. Adapun persentase penduduk miskin terendah berada di Provinsi Bangka Belitung yakni 4,77 persen.

Dilihat dari sisi jumlah, sebagian besar penduduk miskin berada di Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Lampung. Sedangkan jumlah penduduk miskin terendah berada di Provinsi Bangka Belitung.

Baca Juga :   GoPlay Dapat Investor untuk Perkuat Produksi Film Lokal

“Komoditi makanan yang memberikan sumbangan terbesar pada garis kemiskinan, baik di perkotaan maupun di perdesaan, pada umumnya sama, seperti beras yang memberi sumbangan sebesar 19,45 persen di perkotaan dan 25,85 persen di perdesaan. Sedangkan komoditi bukan makanan yang memberikan sumbangan besar adalah perumahan, bensin, listrik, pendidikan, dan perlengkapan mandi,” tulis BPS, dikutip Detik.com, Kamis (17/1/19).

Berikut adalah peringkat orang miskin di Sumatera, dikutip dari website BPS, Rabu (16/1/19):

  1. Aceh
  2. Sumatera Utara
  3. Sumatera Barat
  4. Riau
  5. Jambi
  6. Sumatera Selatan
  7. Bengkulu
  8. Lampung
  9. Bangka Belitung
  10. Kepulauan Riau

*****