Pelantar.id – Vegan dan Vegetarian tidaklah sama. Mungkin banyak orang yang menyamakan istilah maknanya. Kedua istilah ini memang menunjukkan penerapan pola hidup sehat dengan menjauhi produk makanan hewani.

Namun, Anda perlu memahami perbedaannya sebelum memutuskan menjadi vegan atau vegetarian. Dikutip dari detik.com, Rabu (21/11/2018) praktisi vegan, Vivian Amelia membedakan vegan dan vegetarian.

Vivian menjelaskan vegetarian adalah sebutan bagi mereka yang hanya makan tumbuh-tumbuhan dan tidak mengonsumsi daging hewan. Namun, vegetarian masih mengonsumsi produk turunan dari hewan seperti telur, susu, keju, dan madu.

Ada beberapa tipe vegetarian berdasarkan asupan makanan yang dikonsumsinya, yaitu:

1. Pescatarian, yaitu jenis diet yang tidak mengonsumsi segala jenis makanan yang terbuat dari daging dan makanan hewani daging lainnya tapi tetap mengonsumsi ikan.

2. Flexitarian atau semi vegetarian, yaitu suatu istilah bagi orang yang hampir menjadi vegetarian. Sebagian besar makanan yang dikonsumsi adalah sayuran atau buah, tapi kadang-kadang makan daging juga atau hanya makan ikan dan ayam saja.

Baca Juga :   Vape Akan Dikenakan Cukai 57 Persen

3. Lacto-vegetarian, yaitu seseorang yang tidak makan telur, daging sapi, daging babi, unggas, ikan, kerang dan produk hewan lainnya. Tapi jenis ini masih mengonsumsi makanan yang berasal dari produk susu.

4. Ovo-vegetarian, yaitu seseorang yang mengonsumsi telur tapi tidak makan segala sesuatu yang berasal dari daging atau produk susu.

5. Lacto-Ovo-vegetarian, yaitu mengombinasikan program diet lacto dan ovo vegetarian. Seseorang masih mengonsumsi susu, mentega, keju, telur dan produk lainnya kecuali daging.

Sementara vegan adalah versi atau tingkatan yang lebih tinggi dari penganut pola makanan nabati. Kelompok ini sama sekali tidak memakan hewan laut dan produk olahan maupun turunan dari hewan. Bahkan madu dari lebah pun dihindari.

Selain memperhatikan makanan, kaum vegan juga menentang penggunaan produk non-makanan yang berasal dari hewan, seperti pakaian dan sepatu, dan produk yang diujicobakan pada hewan seperti beberapa jenis kosmetik dan obat-obatan.

Baca Juga :   Syarat dan Cara Mendapatkan BLT untuk Guru Honorer

Lanjut Vivian, menjadi Vegan lebih memberikan efek cukup baik untuk tubuh. Dia sendiri sebagai vegan merasakan berat badannya lebih terkontrol sejak tidak mengonsumsi produk hewani.

Meskipun berbeda, kedua pola hidup sehat ini tentunya memiliki banyak manfaat. Vegetarian dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, memiliki usia harapan hidup yang lebih panjang dibandingkan orang yang mengonsumsi daging, membantu menurunkan berat badan, mengurangi kemungkinan terkena diabetes, kandung empedu serta masalah batu empedu.

Sedangkan vegan menawarkan manfaat di antaranya kesehatan jantung, menyehatkan kardiovaskuler karena terhindar dari lemak dan kolesterol dalam makanan, menurunkan tekanan darah tinggi, membantu memerangi diabetes tipe 2, mencegah kanker payudara serta degeneratif tulang yang terkait dengan usia, artritis atau osteoporosis.

=======
sumber: Detik.com