Pelantar.id – Pulau Seribu biasanya menjadi destinasi wisata warga Jakarta karena memang lokasinya dekat dengan ibu kota Negara. Sesuai namanya, Kepulauan Seribu menawarkan berbagai wisata pulau, baik yang berpenghuni dan tidak berpenghuni.

Bagi pecinta wisata laut bahkan yang hobi memancing, wisata ini cukup direkomendasikan karena memiliki pemandangan yang cukup memikat. Untuk menjangkau Kepulauan Seribu, jalur keberangakatan dari dermaga Marina Ancol atau via pelabuhan Kaliadem.

Bila Anda berkenan mengunjungi pulau ini berikut rangkuman pulau yang direkomendasikan.

Pulau Tidung

Pulau Tidung sendiri terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Kedua pulau ini saling terhubung jadi dapat menjangkau keduanya.

Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil ini dihubungkan dengan sebuah jembatan yang dinamakan oleh penduduk setempat sebagai Jembatan Cinta.

Pulau ini cocok untuk penyela. Selain bisa snorkling, di salah satu tempat wisata Pulau Seribu ini pun Anda bisa melakukan olahraga air dan juga berbagai permainannya.

Pulau Pramuka

Pulau Pramuka merupakan pusat pemerintahan dan pusat administrasi dari Kepulauan Seribu. Tepatnya pulau ini berpenghuni. Sehingga fasilitas yang disediakan di pulau ini cukup memadai.

Di sinii, Anda pun bisa menikmati keindahan air laut yang jernih dengan pasir pantai yang putih. Bukan hanya bisa menikmati wisata lautnya saja loh. Di pulau ini pun Anda bisa mengunjunggi penangkaran penyu sisik atau nama latinnya Eretmochelys imbricata.

Baca Juga :   Enam Destinasi Sawah yang Bisa Anda Kunjungi

Pulau Bidadari

Salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang tidak berpenghuni ialah Pulau Bidadari. Pulau ini termasuk pulau terdekat dari dari Jakarta, maka Anda pun bisa mendatangi pulau ini hanya menggunakan jetski saja. Jadi Anda tak perlu menunggu giliran jam pemberangkatan dengan speedboat.

Ada dua kali pemberangkatan dari dermaga Marina Ancol. Karena letaknya yang cukup dekat, banyak wisatawan yang hanya menggunakan fasilitas one day tour saja di pulau ini.

Salah satu daya tarik wisatawan selain menawarkan keindahan alamnya, penginapan atau cottege yang berada di pulau ini pun berada di atas laut. Sehingga penginapan ini dinamai dengan cottege apung. Namun tak perlu khawatir untuk kehabisan rumah penginapan. Karena resort di Pulau Bidadari ini pun memiliki cottege yang berada di daratan.

Pulau Semak Daun

Jika Anda lebih senang camping bersama teman-teman di tepi pantai, mungkin mengunjungi Pulau Semak Daun ini bisa jadi pilihan. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10 ribu saja per orang untuk memasuki pulau ini. Selain itu, Anda pun bisa membangun tenda dan juga mengadakan pesta barbeque di pulau ini.

Baca Juga :   Lagi, Petinggi Facebook Hengkang

Jika camping di tepi pantai tentu Anda tidak bisa melewatkan begitu saja keindahan matahari terbit. Karena keindahan matahari terbit di pulau ini pun sangat menawan. Selain itu, Anda pun bisa menyelam untuk melihat keindahan bawah laut di air yang jernih.

Pulau Onrust

Karena letaknya yang berdekatan dengan Pulau Bidadari, maka Pulau Onrust ini pun jadi salah satu destinasi wisata pulau seribu yang tak kalah ramai. Pada masa kolonial Belanda, pulau ini disebut sebagai Pulau Kapal oleh warga setempat.

Hal ini karena banyaknya kapal-kapal Belanda berkunjung ke pulau ini sebelum menuju Batavia atau Jakarta. Karena sering di kunjungi oleh kapal Belanda, maka tak heran jika di pulau ini memiliki beberapa peninggalan pada masa kolonial Belanda.

Bukan hanya bisa menikmati keindahan pantai dan laut yang ada. Akan tetapi Anda pun bisa mengunjungi salah satu rumah pada masa kolonial Belanda yang masih utuh dan saat ini dijadikan sebagai Museum Pulau Onrust. Tentu saja selain bisa menikmati waktu berlibur dan bersantai di pulau ini, Anda pun bisa belajar mengenai sejarah juga.

sumber: liputan6.com