pelantar.id – Listrik merupakan hal yang sangat esensial dalam kehidupan terutama di waktu khusus termasuk Bulan Ramadan. Hal ini sangat dimaknai penting oleh bright PLN Batam dan diwujudkan dalam upaya kerja keras untuk menjaga pasokan listrik sehingga pelanggan merasa nyaman dalam menjalankan ibadah puasa sampai merayakan Idul Fitri.

Dalam rangka menjaga kehandalan kelistrikan selama bulan Ramadan pada Mei 2018, bright PLN Batam menjamin pasokan listrik aman dan bright PLN Batam akan berusaha semaksimal mungkin supaya tidak mengganggu pada pelaksanaan ibadah.

Menurut Manager of Public Relation bright PLN Batam, Bukti Panggabean, saat ini kondisi kelistrikan di wilayah Batam mencukupi atau cenderung surplus daya. Pihaknya akan mengantisipasi kemungkinan terburuk yaitu dengan melakukan perawatan berkala untuk di semua pembangkit listrik milik PLN, menjelang datangnya bulan Ramadan.

“Kita kan punya kapasitas terpasang 500 mega watt (MW) ,itu cukup mengaliri pasokan listrik di Batam, sudah termasuk pasokan Iistrik rumah tangga, industri dan bisnis,” kata Bukti, saat di hubungi melalui sambungan selularnya, Rabu (11/5).

Menurut Bukti, manajemen bright PLN Batam terus mewujudkan kenyamanan dalam menjaga pasokan listrik dari gangguan.

“Tentu pelanggan kita ingin merasa nyaman dan tak ada gangguan dengan suplai tenaga listrik yang kami berikan, apalagi selama momen ramadhan,” katanya.

Kendati begitu, Bukti tak memungkiri kemungkinan terjadinya gangguan di luar kendali (force majour) yakni pada sektor pelanggan listirk rumah tangga ataupun industri dan bisnis.

Sesuai pengalaman selama ini, kata Bukti, gangguan di luar perencanaan tersebut disebabkan oleh sambaran petir, adanya pekerjaan infrastruktur pihak lain, kena beko dan juga disebabkan oleh mesin itu sendiri, sehingga suplay pembangkit tersebut mengalami error dan tidak bisa mensuplay listrik secara normal.

Bukti menyebutkan, mesin ini kan beroperasi 24 jam tentunya bisa saja mengalami gangguan di luar kendali. Tapi biasanya tak lama, sekitar 30 sampai 45 menit, dan itu bukan semua area mati, dan hanya daerah tertentu saja selama masa proses pemuliha.

“Bagi area yang padam, maka akan langsung ditangani oleh bagian unit teknisi kita di lapangan, jadi tidak akan menggangu aktifitas pelaksanaan ibadah puasa. Atau hubungi langsung ke nomor 0778-123,” kata dia.

Tindakan minimalisir potensi terjadinya gangguan terus dilakukan oleh bright PLN Batam yakni dengan melakukan pemeliharaan disisi pembangkit, transmisi maupun jaringan tegangan rendah. Dengan kondisi ini, bright PLN Batam yakin melayani pasokan tenaga listrik untuk bulan Ramadan 1439 H dan Idul Fitri dengan layanan yang baik.

“Tentu saja, selalu meminta dukungan dan doa dari segenap pelanggan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti gangguan disisi pembangkit dan jaringan. Kemudian, kami senantiasa mengingatkan pelanggan agar tetap melakukan gerakan hemat listrik. Dan untuk segala bentuk ketidaknyamananan dan kekurangan pelayanan yang diberikan, menyambut bulan yang suci ini kami mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh pelanggan, mudah-mudahan dengan dukungan yang diberikan kinerja bright PLN Batam lebih baik lagi,” tutup Bukti.

Sumber : Rilis PLN