Pelantar.id – Guna mempercepat pelaksanaan program Vaksinasi Covid-19 di wilayah Provinsi Kepulauan Riau, Polda Kepri meluncurkan Program “Nasi Kapau” (Vaksinasi Jangkau Pulau-pulau).

Program ini dilaksanakan mengigat wilayah Provinsi Kepri yang 96 persen terdiri dari lautan dengan ribuan pulau dan ratusan pulau yang berpenghuni.

Kapolda Kepri, Irjen Pol Aris Budiman, mengatakan, pelaksanan Program “Nasi Kapau” untuk membantu pemerintah dalam mempercepat Vaksinasi Covid-19 agar Pemulihan Ekonomi cepat berjalan.

“Ditargetkan70 persen penduduk wilayah Kepulauan Riau telah mendapatkan Vaksinasi sampai dengan 17 Agustus 2021. Sepanjang Vaksin tersedia, TNI Polri dan Pemerintah Daerah akan selalu siap melayani masyarakat untuk mendapatkan Vaksin Covid-19,” ujarnya saat meninjau Program “Nasi Kapau” di Kabupaten Lingga, Senin (14/6/2021).

Kapolda menjelaskan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan lebih intens.

“Kami datang untuk menjangkau pulau-pulau mengunjungi masyarakat dengan harapan tidak ada lagi masyarakat yang belum mendapatkan Vaksinasi Covid-19” katanya.

Dalam kegiatan Peninjauan pelaksanaan Program “Nasi Kapau” Kapolda Kepri didampingi oleh oleh Irwasda Polda Kepri, Pejabat Utama Polda Kepri, Kapolres Lingga, Bupati Lingga, Satuan TNI di Kabupaten Lingga dan Forkompinda Kabupaten Lingga.

Baca Juga :   Terungkap, Ini Cara Pemulihan Ekonomi di Kepri Tengah Pandemi

“Vaksinasi pada hari ini dilaksanakan di gedung Endra Dharmalaksana Mapolres Lingga kepada masyarakat Dabo Singkep dan Masyarakat Pulau Penuba Kecamatan Selayar Kabupaten Lingga. Bagi yang akan melaksanakan Vaksinasi cukup dengan membawa KTP beserta fotocopinya,” ujar Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt.

Ia menjelaskan, jumlah dosis vaksin di Polres Lingga disiapkan sebanyak 15 Vial Sinovac dan 20 Vial Astra Zeneca.

“Jumlah masyarakat Dabo Singkep yang telah divaksin pada hari ini sebanyak 350 orang, sementara di Pulau Penuba Kecamatan Selayar Kabupaten Lingga sebanyak 270 orang telah mendapatkan vaksinasi dari total 2.365 orang yang ditargetkan. Kegiatan ini akan terus berlanjut,” paparnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang menjalani vaksinasi tetap mematuhi Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19, menjaga jarak dan menggunakan masker.
“Bersama-sama kita lawan penularan Covid-19, Walaupun sudah menjalankan Vaksinasi bukan berarti Protokol kesehatan diabaikan,” ujarnya.

Selain meninjau vaksinasi, Kapolda Kepri beserta rombongan mengunjungi tempat Karantina terpusat covid 19 di Politeknik Kabupaten Lingga.
Saat berada di tempat Karantina terpusat covid 19 di Politeknik Kabupaten Lingga, Kapolda Kepri melakukan peninjauan fasilitas dan setiap ruangan yang ada.

Baca Juga :   Penanam Modal Asing Apresiasi Langkah Kepala BP Batam

Selanjutnya Kapolda Kepri beserta rombongan menuju pulau Penuba, di lokasi ini Kapolda Kepri dan rombongan meninjau langsung kegiatan vaksinasi kepada masyarakat pulau Penuba.

Pada kesempatan tersebut Kapolda berbicara dengan kepala UPT Puskesmas Penuba tentang persyaratan bagi masyarakat yang ingin melaksanakan vaksinasi, Kapolda menghimbau semuanya berperan aktif dalam rangka vaksinasi ini.

Kapolda juga berkesempatan menyapa masyarakat dan berbicara dengan masyarakat, memotivasi agar tidak takut untuk di vaksin, justru dengan divaksin kita hentikan penularan lebih luas virus covid 19 ini.

Bupati Lingga Muhammad Nizar, mengucapkan rasa terima kasih terhadap kegiatan Program Nasi Kapau yang dimotori oleh Polri.
Dengan adanya program ini pemerintah daerah sangat terbantu dalam menjangkau masyarakat di pulau-pulau yang mungkin tidak terjangkau oleh Pemerintah Daerah untuk mendapatkan Vaksinasi.

Salah seorang masyarakat Pulau Penuba Kecamatan Selayar, Edi Soroman, mengatakan, program vaksinasi ini sangat membantu masyarakat.

Sehingga masyarakat yang berada di pulau bisa mendapatkan Vaksin Covid-19. Ia berharap dengan adanya program tersebut dapat memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Lingga.