pelantar.id –  Liga Champions musim 2018/19 segera dimulai. Undian fase grup akan dilakukan Kamis (30/8) besok pukul 17.00 waktu Monaco.

Potensi adanya grup neraka langsung muncul. Pasalnya, salah satu grup  bakal diisi oleh klub-klub raksasa yang melibatkan Liverpool.

Mengutip fourfourtwo, empat klub Premier League akan terlibat langsung pada undian musim ini yaitu,  Manchester City, Manchester United, Liverpool dan Tottenham. Keempat klub itu terbagi dalam dua pot yang berpotensi jadi tiga pot.

M City yang menjuarai Premier League, otomatis berada di Pot 1 bersama juara-juara liga lainnya. M City tergabung dengan Real Madrid (juara Liga Champions musim lalu), Atletico Madrid (juara Liga Europa musim lalu), Barcelona, Bayern Munchen, Juventus, PSG dan Lokomotiv Moscow.

Baca Juga :   Rutan Mako Brimob Rusuh, Tahanan dan Petugas Bentrok

Pembagian Pot
Sistem ranking UEFA ditentukan berdasarkan performa tim di kompetisi Eropa dalam lima tahun terakhir. Pot 1 terdiri atas juara Liga Champions, juara Liga Europa dan juara liga domestik. Pot kedua terdiri dari delapan tim terbaik berdasarkan nilai koefisien UEFA.

Tujuh tim sudah dipastikan masuk dalam Pot 2, hanya Liverpool dan Benfica yang berebut satu tempat. Meskipun Liverpool berhasil menjadi runner up Liga Champions dan runner up Liga Europa dalam beberapa tahun terakhir, tetapi mereka tak berpartisipasi dalam kompetisi Eropa pada 2013/14 dan 2016/17.

Berikut pembagian Pot sementara:

Pot 1
Real Madrid, Atletico Madrid, Barcelona, Bayern Munich, Manchester City, Juventus, PSG, Lokomotiv Moscow

Baca Juga :   Bright PLN Batam Siapkan Pasokan Listrik Untuk Sukseskan Pilkada Kepri 2020

Pot 2
oBorussia  Dortmund, Porto, Manchester United, Shakhtar Donetsk, Benfica*, Napoli, Tottenham, AS Roma

Pot 3
Liverpool, Dynamo Kiev*, Schalke, Lyon, Monaco, Salzburg*, CSKA Moscow, PSV Eindhoven*.

Pot 4
Valencia, Viktoria Plzen, Club Brugge,  Galatasaray, Young Boys*, Inter Milan, Hoffenheim, AEK Athens*.

*tergantung hasil play-off

Nasib Liverpool
Manchester United dan Tottenham langsung tergabung ke Pot 2 berdasarkan nilai koefisien UEFA mereka. Sementara itu, nasib Liverpool sangat tergantung pada hasil Play-off Benfica melawan PAOK Salonika (agg: 1-1).

Jika Benfica gagal lolos, Liverpool aman di Pot 2. Namun sebaliknya jika Benfica menang, Liverpool akan turun ke pot 3 berpotensi tergabung dalam grup neraka.

UEFA mengatur bahwa tak mungkin ada tim yang bersasal dari negara sama berada dalam satu pot. Dengan adanya Inter Milan di Pot 4, maka ada kemungkinan Liverpool akan tergabung dengan Dortmund, Inter, dan entah Barcelona atau Real Madrid.

Baca Juga :   Nostalgia Permainan Tradisional dari Lukisan Surealis Rumah Pohon Insititut

Kali ini nasib runner up Liga Champions musim lalu berada di tangan tim lain. Liverpool tentu berharap Benfica kalah.

Sumber : Bola.net