pelantar.id – PT Flo-Bend Indonesia resmi hadir di Kota Batam setelah menggelar grand opening, di Komplek Executive Indutrial Park Blok A3 No 8 Batam Centre, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (24/10). PT Flo-Bend adalah perusahaan pipe fitting pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Perusahaanini memproduksi berbagai macam pipa. PT Flo-Bend telah disertifikasi ISO 9001: 2015 untuk industri pipa baja karbon, baja paduan dan perlengkapan baja tahan karat.

President Director PT Flo-Bend Indonesia, Adam M Ambielli mengatakan, pihaknya memahami bahwa setiap industri memiliki kebutuhan yang unik. Sebagai satu-satunya produsen yang sesuai dengan sumber daya manusia yang berpengalaman, PT Flo-Bend Indonesia siap memproduksi berdasarkan spesifikasi yang dibutuhkan.

“Di Flo-Bend Indonesia, kami dapat memproduksi long dan short radius elbows, reducing elbows, 3D elbows, long dan short radius 180 degree return bends, straight dan reducing tees, concentric dan eccentric reducer dan caps dengan ukuran standar dari 2 derajat hingga 24 derajat di semua dinding ketebalan. Material yang digunakan untuk memproduksi itu semua adalah baja karbon, High Yield 52, chrome moly, dan baja stainless,” kata dia.

Asisten Ekbang Pemko Batam, Febrialin (kiri) dan anggota DPR, Nyat Kadir (dua kiri) menghadiri grand opening PT Flo-Bend Indonesia di Kompleks Executive Indutrial Park Batam Centre, Batam, Rabu (24/10).
Foto : PELANTAR/ Fathurrohim

Menurut Adam, dalam setiap fase produksi, dari menerima, membentuk, permesinan, proses inspeksi quality control (QC) dan pengiriman dilakukan sesuai persyaratan yang diminta oleh pelanggan. Semua material pun dapat dilacak selama proses pembuatan dengan prosedur quality assurance (QA) dan QC yang ketat.

Baca Juga :   Gabungan Organisasi Jurnalis di Batam Sayangkan Tindakan Represif Aparat

“Dengan laboratorium in-house yang ada, memungkinkan kami melakukan pengujian destruktif untuk menghasilkan produk tepat waktu. Kami juga memiliki berbagai alat ukur dan uji sehingga produk benar-benar memenuhi standar yang diinginkan oleh industri. Selain melakukan inspeksi dimensi, kami juga memiliki alat seperti tester kekerasan seperti rockwell hardness tester, charpy impact tester, notch projector, cold notch cutting machine, tensile tester tool. Semuanya tersedia untuk menjamin hasil produksi yang diterima oleh industri,” ujarnya.

Acara grand opening itu juga dihadiri sejumlah pejabat di antaranya,
anggota Komisi VI DPR RI dapil Kepri Nyat Kadir, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemko Batam Pebrialin, serta beberapa investor. Adam mengaku terhormat atas kehadiran para pejabat dan kalangan pengusaha di acara persemian tersebut.

Baca Juga :   Event Wisata Batam Disebut Masih Amatiran

Menurutnya, kehadiran tamu undangan serta dukungan pemerintah amat penting bagi pengusaha. Mengingat perkembangan industri dan infrastruktur yang maju pesat di Batam, PT Flo-Bend Indonesia pun ingin mengambil peran di dalamnya.

Baca Juga :

Batam Masih Menarik di Mata Investor China

Saat ini, PT Flo-Bend Indonesia menjadi satu-satunya perusahaan yang memproduksi pipe fitting di Indonesia. Dengan hasil produksi yang diekspor ke Amerika, China, Eropa, dan Asia.

Direktur PT Flo-Bend Indonesia, Ogi Hutasoit menambahkan, perusahaannya merupakan produsen manufaktur pipe fitting logam besi dan baja yang memanfaatkan sumber daya manusia (SDM) berpengalaman dari Indonesia. Hal itu dilakukan karena SDM yang ada dinilai mampu serta mumpuni dalam mengasilkan produk yang berkualitas internasional.

Baca Juga :   Per Oktober-Desember, PLN Turunkan Tarif Listrik

“Selain SDM yang mumpuni, letak geografis juga menjadi pertimbangan mengapa perusahaan ini berdiri di Batam. Sebelumnya kami telah mencari tempat di Asia Tenggara, setelah melakukan kunjungan tiga kali maka Batam pun dipilih karena dinilai sebagai lokasi yang strategis,” kata dia

 

Reporter : Fathurrohim
Editor : Yuri B Trisna