pelantar.id – Volume penumpang di Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam mulai menunjukkan peningkatan menjelang akhir bulan Ramadan.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim, Suwarso mengatakan, kepadatan yang pada kondisi normal berada di angka 6.000 penumpang, saat ini mulai mengalami kenaikan di atas 7.000 penumpang setiap harinya. Bahkan pada akhir pekan lalu, jumlah penumpang yang menggunakan pesawat sebanyak lebih dari 8.000 penumpang.

“Ini belum termasuk waktu yang kita perkirakan terjadi peningkatan, biasanya pada momen seminggu sebelum lebaran,” kata Suwarso di Hang Nadim, Batam, Kamis (7/6).

Suwarso menjelaskan otoritas bandara telah mempersiapkan segala kelengkapan untuk menyambut dan melayani para pemudik agar aman dan nyaman. Bandara Hang Nadim berupaya memberikan pelayanan terbaik dengan mendirikan sejumlah pos pengaman dan pelayanan pemudik. Selain itu, masih menurut Suwarso, pihaknya juga menyiagakan petugas di pos-pos yang tersedia selama arus mudik hingga arus balik mendatang.

Baca Juga :   Batamindo Robohkan Gedung Dormitori Pekerja

Tiga pos yang disiapkan, tiap pos disiagakan 10 petugas Aviation Security (Avsec), 30 petugas Direktorat Pengamanan (Ditpam) Badan Pengusahaan (BP) Batam, 20 petugas dari Polsek Bandara, dan 20 petugas dari TNI AU.

Suwarso memprediksi, puncak kepadatan pemudik akan terjadi pada pada H-5 atau pada Minggu (10/6). Pada puncak arus mudik, diperkirakan Hang Nadim akan mencatat 10 ribu pemudik.

Joko Sulistyo