pelantar.id – Setelah menangkap dan menetapkan Ratna Sarumpaet sebagai tersangka kasus penyebaran hoax dan membuat keonaran, Penyidik Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya kini memeriksa Amien Rais. Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional itu diperiksa soal pertemuannya dengan Ratna.

“Ya, pokoknya kegiatan yang berkaitan mengetahui apa yang disampaikan oleh ibu Ratna Sarumpaet,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (5/10).

Baca Juga : Ratna Sarumpaet Ditangkap Saat Mau Terbang ke Chile

Hingga pukul 11.50 WIB, Amien belum tampak memenuhi panggilan polisi. Argo mengatakan, pihaknya belum menerima konfirmasi resmi mengenai kehadiran Ketua Dewan Kehormatan PAN tersebut.

Baca Juga :   Bright Goes to Campus di Unrika

Disinggung pemanggilan pihak-pihak lainnya, Argo belum bisa mengungkap pihak mana saja yang akan dimintai keterangan selain Amien Rais. Argo menyerahkan sepenuhnya kepada penyidik.

“Tentunya kami menurut mengikut kepada penyidik. Penyidik yang mengagendakan, penyidik yang lebih tahu, penyidik yang gelar perkara, yang lidik kasus ini. Kita tunggu saja. Agendanya hari ini pemeriksaan Amien Rais,” kata dia.

Terpisah, Ketua DPP Pan, Yandri Susanto mengatakan, Amien Rais dalam kasus ini hanya merupakan korban atas kebohongan yang diciptakan Ratna Sarumpaet.

“Ya kalau kita hormati aja proses hukum. Yang jelas kalau Pak Amien itu kan orangnya lurus-lurus saja dan nggak mungkin dia ngarang-ngarang yang nggak-nggak. Dia korban yang dibohongilah kalau Pak Amien,” ujarnya.

Baca Juga :   Telkomsel-Citibank Kampanye Live Large, Manjakan Gaya Hidup Kaum Urban

Menurut Yandri, pemeriksaan terhadap Amien Rais hanya sekadar dimintai keterangan soal cerita yang diciptakan Ratna Sarumpaet.

“Mungkin polisi mau minta keterangan Pak Amien, tentang kronologis bagaimana Bu Ratna Sarumpaet menceritakan kebohongannya itu,” ucap Yandri.

Yandri menegaskan Amien hanyalah korban dari cerita bohong Ratna. Seperti diketahui, Amien bersama Ketuua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Wakil Ketua Partai Gerindra, Fadli Zon sempat bertemu Ratna untuk mendengarkan langsung cerita soal penganiayaan terhadap Ratna. Selanjutnya, mereka menggelar jumpa pers terkait kasus penganiayaan yang dialami Ratna. Namun, sehari kemudian, Ratna malah memberi keterangan pers dan mengaku bahwa ia telah menceritakan kisah bohong.

“Ini semua kan cerita dikarang Bu Ratna Sarumpaet kan. Jadi saya yakin polisi manggil Pak Amien itu dalam rangka untuk mendalami kebohongannya Ratna Sarumpaet itu. Kalau dari pihak Pak Amien nggak mungkin salah, dia korban kok,” ujar Yandri.

Baca Juga :   Pandemi Covid-19 Berkepanjangan, Picu Masalah Kesehatan Mental

Ratna Sarumpaet ditangkap di Bandara Soekarno Hatta pada Kamis (4/10) malam. Dia hendak pergi ke Chile untuk urusan sebagai pembicara. Dia menjadi tersangka penyebaran hoax yang membuat keonaran.

 

Editor : Yuri B Trisna

Sumber : Detik.com