Pelantar.id_ Batam dikenal sebagai daerah kepulauan. Umumnya wisata di Batam berupa wisata bahari seperti wisata pantai atau wisata pulau.

Memasuki penghujung tahun, tempat wisata akan ramai dikunjungi termasuk ke wisata pantai. Jika merasa jemu dengan wisata bahari, Batam juga menyediakan wisata selain pantai.

Berikut ini pelantar.id merekomendasikan beberapa wisata selain pantai di Batam.

Camp Vietnam

foto: seniberjalan.com

Bagi masyarakat Batam, Camp Vietnam sudah familiar. Tempat ini kerap dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Camp Vietnam menjadi alternatif untuk berwisata sejarah.

Di Camp Vietnam kita dapat melihat potret perjuangan para pengungsi Vietnam dari pajangan foto-foto di museum. Di sinilah kita tahu faktanya bahwa pengungsi Vietnam benar disuakakan di Galang ini.

Di museum sederhana tersebut memuat arsip-arsip sejarah Camp Vietnam lengkap dengan foto-foto para pengungsi masa itu. Anda akan menemukan potret seribu wajah yang dipajang di pojok pintu masuk museum.

Baca Juga :   Wisata Kampung Terih di Batam Dibuka Kembali untuk Wisatawan

 

Tebing Langit

foto: seniberjalan.com

Tebing Langit berlokasi di daerah Sekupang, Batam. Tidak jauh dari Pelabuhan Ferry Sekupang. lokasi wisata masih rimbun pepohonan, pengunjung harus rela sedikit berolahraga dengan menanjak menaiki tangga tanah.

Berada di Tebing Langit dipastikan pengunjung akan puas berfoto-foto karena begitu banyak spot menarik dan berbeda yang bisa dicoba, seperti foto booth yang berhias bunga-bunga, foto diantara pohon topi, foto di booth berbentuk love hingga spot foto yang dilengkapi dengan tirai-tirai.

 

Kebun Binatang Mata Kucing, Minizoo Batam

foto: seniberjalan

foto: seniberjalan.com

Mata kucing terletak di Jalan Letjend R Soeprapto daerah Tiban Indah. Mata Kucing masih bertahan meskipun tidak banyak yang berubah. Hingga sekarang, warga Batam masih berdatangan. Terlebih pada saat hari libur nasional.

Kebun binatang ini dikelola secara pribadi. Sehingga pengelolalannya masih seadaanya. Bintang-binatang yang ada di sini seperti buaya, burung, kera, monyet, ular, ikan dan sebagainya.

Baca Juga :   Siapkah Batam Jadi Kota Wisata?

Mata kucing dikelilingi Hutan Wisata. Udara sekeliling terasa sejuk. Sambil berjalan-jalan mengitari mata kucing lumayan asik. Mata kucing menyediakan arena bersantai seperti tempat duduk dan arena bermain seperti ayunan.

Taman Rusa Sekupang

Taman rusa/pelantar.id

foto: seniberjalan.com

Dulunya Taman Rusa adalah tempat jogging track. Namun tahun  lalu, area tersebut berubah menjadi kawasan rekreasi keluarga.

Di sini Anda akan menemukan segerombolan rusa yang dikandangkan. Berdasarkan cerita pengelola taman rusa, rusa-rusa tersebut mulanya berasal dari dari area ex Camp Vietnam di Galang.

Kawasan Taman Rusa terbilangs sejuk karena dikelilingi pepohonan yang rindang. Anda dapat bersantai atau duduk di kursi taman yang telah disediakan.

Taman Rusa buka setiap hari. Mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB. Taman Rusa memiliki luas 9 hektar dan akan menjadi destinasi wisata unggulan di Kota Batam.