Robot Restoran menjadi viral di India. Sebuah restoran yang sebelumnya bernama Momo di Chennai India menganti pelayan manusia dengan beberapa robot. Keberadaaan robot tersebut berhasil menarik perhatian kaum milenial di sana.

Saat ini anak muda India sedang gencar-gencarnya mengembangkan teknologi robot. Dilansir dari Alarabiya, Ahad (12/8) beberapa bulan terakhir anak-anak muda di Tamil Nadu, India berhasil memadukan teknologi robot dengan masakan.

Pada bulan April tahun lalu, BoB – prototipe robot didirikan oleh VR Mall dan didemonstrasikan di banyak restoran Bangalore sebagai preseden untuk mengeksplorasi penggunaan robot dalam teknik penyajian makanan.

Di Tamil Nadu kini terdapat ‘dua restoran robot’. Pertama di Chennai dan kemudian di Coimbatore. Di Chennai dibuka pada pertengahan November lalu. Robot Restoran kembali diluncurkan kembali oleh pemilik Venkatesh Rajendran dan Karthik Kannan dalam tema robot untuk memberikan pengalaman baru kepada pelanggan mereka.

Baca Juga :   Kopi Legendaris Kong Djie Hadir di Batam

Mengikuti keberhasilan usaha perintis mereka, restoran robot waralaba lainnya dibuka di kota tekstil Coimbatore pada bulan Juli tahun ini melayani 140 orang dan menggunakan 8 ‘robot pelayan’.

Sebenarnya robot-robot ini diimpor dari Cina dan Jepang. Namun, Venkatesh Rajendran menjalani pelatihan teknis robot untuk mempelajari operasi, perbaikan dan pemrograman mereka. Venkatesh menyebut respon terhadap restoran-restoran ini sangat luar biasa.

Menurut Venkatesh robot tersebut dioperasikan dengan baterai dan dapat dikendalikan oleh sensor. Setiap pelayan robot diprogram untuk membawa nampan makanan dari dapur ke meja pelanggan yang ditunjuk dan mengembalikan piring kotor ke dapur.

‘Pelayan dan pelayan robot’ ini berpakaian elegan dan bergerak di jalur yang telah ditentukan di seluruh restoran; menghentikan setiap kali rintangan ditemui.

Baca Juga :   Bahaya Radiasi Smartphone Hanya Mitos? Berikut Daftar Smartphone dengan Radiasi Tinggi

sumber: republika.co.id

foto: (AFP/Manjunath Kiran)