pelantar.id – Berakhirnya musim Liga Inggris 2017/2018, Mohammed Salah mengunci gelar pencetak gol terbanyak dengan raihan 32 gol dalam satu musim (38 pertandingan liga) setelah membantu Liverpool mengandaskan Brighton & Hove Albion di Anfield 4 gol tanpa balas dengan melesakkan satu gol pemecah kebuntuan di menit ke-26, memanfaatkan assist Solanke. Raihan tersebut membuatnya mememcahkan rekor gol di Liga Inngris dengan Gol terbanyak dalam satu musim liga mengalahkan Alan Shearer -Newcastle United (1995/1997), Christiano Ronaldo-Manchester United (20017/2008) dan seniornya Luis Suarez – Liverpool (2013/2014) dengan mencetak 31 gol dalam satu musim.

Selain mendapatkan Golden Boot, sebelumnya Salah juga dianugerahi Pemain Terbaik Liga Inggris musim 2017/2018 oleh Asosiasi Pemain Sepak Bola Profesional Inggris (PFA). Pemain 25 tahun tersebut mengalahkan Kevin de Bruyne, David de Gea, Harry Kane dalam perolehan voting.

Torehan-torehan tersebut menjadi wajar saat melihat kembali penampilan Salah di Liverpool musim ini. Seperti yang dikatakan legenda Liverpool era 90-an Steve McManaman. “Saya tidak tidak banyak yang menyangka dia bakal memberi dampak sebesar ini ketika tampil pertama kali bersama Liverpool”, ujarnya.

Baca Juga :   Membaca Arah Harga Emas di 2019

Banyak pihak tak menyangka bahwa prestasi Salah segemilang ini di musim pertamanya berseragam Liverpool. Namun ia menjawab keraguan itu, dan Salah meyakinkan publik bahwa penampilannya jauh berkembang setelah memperkuat AS Roma. Dan Liverpool memberinya kesempatan serta posisi yang membuatnya jauh dapat menemukan bentuk terbaik dalam permainannya, rekan-rekan di tim membuat Salah menjadi predator buas dengan kaki kirinya.

Salah melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang M City di Perempat Final Liga Champions 2018. Foto: PELANTAR/net

Bagaimana dengan musim depan? Akankah Salah se-moncer musim ini? Saat wawancara oleh Sky Sport, dia menjawab “Saya akan setajam ini musim depan, jangan khawatir. Saya akan berusaha terbaik untuk Liverpool,” katanya usai menerima Golden Boot di Anfield

Baca Juga :   TNI AU Bangun Pangkalan di Batam, Rebut FIR dari Singapura

Salah membawa Liverpool finish di posisi 4 klasemen Liga. Merseyside merah pun mengamankan posisinya musim depan untuk langsung tampil di fase penyisihan grup tanpa harus melakukan playoff.

Berikut adalah penghargaan yang didapat Mohamed Salah di musim 2017/2018 :

1. Tiga kali Champions League Player of the Week
2. Dua kali Champions League Goal of the Week
3. Tiga kali Premiere League of the Month
4. Empat kali PFA Player of the Month
5. Tujuh kali Liverpool Player of the Month
6. Enam kali Liverpool Goal of the Month
7. PFA Player of the Year
8. Premiere League Player of the Year
9. African Footballer of the Year
10. FWA Footballer of the Year
11. BBC Africa Footballer of the Year
12. Arab Footballer of the Year
13. PFA Team of the Year
14. Liverpool Players Player of the Season
15. Liverpool Player of the Season
16. Premiere League Golden Boot

Penulis: Tama
Editor: Yuri B Trisna