pelantar.id – Tidak semua pengguna mengenal dan memanfaatkan segala tool yang ditawarkan Google untuk mempermudah searching. Terutama untuk ponsel. Google menawarkan berbagai aplikasi searching cepat dengan Chrome.

Aplikasi cepat yang tertanam di Chrome tersebut adalah Omnibox. Aplikasi ini menghadirkan tombol khusus untuk searching topik yang ingin Anda cari.

Dengan menggunakan omnibox, pengguna Chrome dapat langsung melakukan search dengan mudah tanpa menghadapi masalah seperti hendak memasukkan URL baru pada tab yang sedang membuka sebuah situs, URL akan diblok biru, kemudian beberapa saran situs akan muncul di bawahnya.

Google Chrome Dev

Untuk mendukung fitur tersebut sebaiknya juga harus memiliki aplikasi Google Chrome Dev atau Google Canary. Alasannya aplikasi ini lebih stabil ketimbang Google Canary. Untuk mengunduh Google Chrome Dev, Anda bisa mengakses link ini.

Baca Juga :   Mengenal Lyme Disease, Penyakit dari Kutu yang Serang Justin Beiber

Aktifkan dengan Google Flag

Di Google Chrome Android dikenal sebuah istilah Flag. Google Flag sebenarnya merupakan sejumlah fitur eksperimental yang sengaja disembunyikan agar tidak diaktifkan secara tidak sengaja oleh pengguna.

Nah, untuk mengaktifkan omnibox, perlu menuliskan ini pada kolom URL: chrome://flags/#enable-search-ready-omnibox.

Aktifkan omnibox

Di urutan paling atas, kamu akan menemukan menu Search Ready Omnibox. Awalnya, Google akan memberikan pengaturan default pada menu ini. Ketuk tombol default untuk membuka pilihannya. Selanjutnya pilih Enabled.

Google akan langsung menyarankan kamu untuk memulai ulang aplikasi Google Chrome Dev. Ketuk tombol Relaunch Now yang terdapat di kanan bawah layar.

Sekarang coba mengetuk buka sebuah situs dan mencari topik. Selanjutnya ketuk kolom search yang berada di atas. Blok biru yang ada sebelumnya sudah tidak ada lagi, dan kolom URL akan menjadi kosong. Hal ini akan memudahkan kamu untuk melakukan search dengan lebih cepat.

Baca Juga :   Harga Listrik di Batam Lebih Ekonomis

sumber: tek.id