Pelantar.id – Sumatera Barat kaya potensi wisata alam. Hampir seluruh wilayahnya menawarkan pemandangan pegunungan dan perbukitan karena provinsi ini di kelilingi oleh bukit barisan.

Selain disuguhkan dengan keindahan alam penggunungan, Sumatera Barat juga menang dengan suguhan wisata bahari. Sederetan pulau-pulau kecil dan besarnya akan memesona Anda.

Hampir setiap pesona pulau-pulau di Sumatera Barat menawarkan pantai berpasir putih dengan gradasi laut berwarna putih. Pulau-pulau tersebut pada umumnya berlokasi tidak jauh dari pusat ibu kota provinsi, Padang.

Berikut ini daftar pulau-pulau cantik di Sumatera Barat sebagai rekomendasi wisata Anda

Pulau Pamutusan

Pulau Pamutusan terletak di Bungis Teluk Kabung, berjarak sekitar 38 Kilometer dari Kota Padang. Tipikal pulau ini berpasir putihdan menawarkan pemandangan laut yang menggoda penyelam. Anda bisa menyaksikan sendiri jika berkunjung ke pulau ini akan melihat berbagai biota laut dan terumbu karang.

Kalau ingin menikmati keindahan salah satu pulau di Sumatera Barat ini dengan lebih jelas, Anda bisa naik ke atas bukit untuk bersantai. Di atas Anda akan melihat di pulau-pulau kecil yang ada di sekitar pulau ini.

Anda bisa menggunakan kendaraan bermotor dan memakan waktu kurang lebih 90 menit hingga 2 jam. Perjalanan yang cukup jauh ini akan terbayar dengan keindahan Pulau Pamutusan.

Pulai Sikuai

Pulau ini berada sekitar setengah mil laut dari Kota Padang. Tepatnya, di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang asri dan barisan pepohonan di pinggir pantai dipadu dengan tenangnya riuh air laut.

Baca Juga :   CSR Harris Resort Barelang, Fun Game Bersama Anak-anak

Di sini, Anda dapat mengistirahatkan badan sejenak dengan menyaksikan momen matahari terbenam di tepi pantai. Atau, jika tenaga Anda masih cukup, ada sebuah tempat yang disebut puncak pulau. Berbentuk seperti bukit yang dapat Anda naiki selama 30 hingga 50 menit.

Di puncak ini, siluet cahaya matahari tenggelam ke dalam garis ujung laut sungguh menawarkan kenangan yang akan selalu membuat Anda rindu ingin kembali berlibur di Pulau Sikuai.

Pulau Angso Duo

Pulau Angso Duo akan membawa Anda melewati sejumlah pantai seperti Cermin, Kata, dan Gandoriah. Pulau ini memiliki keindahan bawah laut yang sangat memesona dengan keanekaragaman terumbu karang, ikannya yang bervariasi dan air lautnya yang jernih.

Hamparan pasir putih yang halus, serta deretan pohon kelapa, menambah sejuk suasana. Ini yang menjadikan wisatawan domestik dan mancanegara banyak berlibur ke Pulau Angso Duo. Untuk bisa mencapai Pariaman, Anda harus melakukan perjalanan darat sekitar satu jam dari Padang.

Pulau Mandeh

Pulau Mandeh sering disebut sebagai ‘Raja Ampat di Sumatera Barat’. Untuk melihatnya, Anda harus naik ke puncak Mandeh yang letaknya di Dermaga Tarusan.

Kawasan Mandeh merupakan perpaduan perbukitan yang alami dengan keindahan teluk yang dihiasi dengan gugusan pulau-pulau kecil yang berada di bagian tengah Teluk Carocok Tarusan. Alasan utama kenapa Pulau Mandeh seperti Raja Ampat karena adanya spot menyelam dan pemandangan pantai yang sangat menarik.

Baca Juga :   Warga Kota Ini Akan Hidup Tanpa Matahari Selama 65 Hari

Pulau Pasumpahan

Inilah Pulau Pasumpahan, yang berada di perairan kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang provinsi Sumatera Barat. Di pulau ini Anda akan seperti dimanjakan dengan panorama alam yang sangat indah.

Selain pantainya yang berpasir putih, air laut yang bening dan pemandangan laut lepas yang eksotis menjadi daya tarik tersendiri dari pulau ini.

Bagi yang menyukai snorkeling, pulau ini memiliki keindahan bawah laut yang menawan. Pemandangannya masih asri dan terumbu karang yang masih terjaga menjadikan aktivitas snorkeling di pulau ini menjadi sangat menyenangkan.

Pulau Cubadak

Pulau Surga atau Paradise Village, begitulah orang-orang menyebut Pulau Cubadak. Selain itu juga disebut The Paradise Of South. Sebutan ini datang dari para wisatawan asing yang singgah ke pulau tersebut.

Pulau ini terletak di kabupaten Pesisir Selatan,dan terletak di Kawasan Wisata Mandeh dengan jarak sekitar 40 kilometer di sebelah selatan kota Padang.

Jika Mentawai dikenal sebagai surganya para peselancar, maka Pulau Cubadak Padang ini adalah surga bagi para pencinta diving dan snorkeling. Kondisi perairannya yang tenang, bersih, dan jernih membuat panorama bawah laut di pulau ini menarik untuk dieksplor.

Sumber: merdeka.com