Pelantar.id – Formasi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 sangat besar. Terdapat 238.015 lowongan yang dibuka untuk berbagai instansi/kementerian. Hingga 15 Oktober kesempatan mendaftar masih terbuka lebar.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin menyebut bahwa jumlah kebutuhan PNS secara nasional pada tahun ini mencapai 238.015. Ini terdiri dari 51.271 di pusat dan 186.744 untuk instansi daerah.

Badan Kepegawaian Nasional (BKN) memperkirakan jumlah pelamar akan melonjak drastis jika dibandingkan rekrutmen 2017. Diperkirakan jumlah pelamar akan mencapai 6 juta lebih.

Dilansir dari merdeka.com hingga hari ini BKN mencatat jumlah pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 hampir mencapai 4 juta pelamar dan akan terus bertambah hingga pendaftaran hari terakhir.

Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 dilakukan melalui dua jalur, yakni formasi umum dan formasi khusus. Formasi khusus cukup menyita perhatian masyarakat seusai Asian Games.

Pemerintah membuka kesempatan khusus bagi para atlet berprestasi untuk mengikuti seleksi CPNS. Namun, sayangnya masih diperuntukkan untuk atlet yang berprestasi ditingkat internasional. Kurang lebih tersedia 200 kuota untuk para atlet.

Baca Juga :   Kegunaan 5G di Masa Depan

Persyaratan lainnya yang harus dipenuhi atlet internasional untuk mengikuti seleksi CPNS di antaranya minimal medali emas pada Sea Games atau Asian Para Games tahun 2015 dan atau tahun 2017 dan atau Asia Tenggara tahun 2017 yang diakui setingkat oleh federasinya, minimal medali perak pada Asian Games tahun 2014 dan atau kejuaraan Asia tahun 2014 yang diakui oleh federasinya atau minimal medali perunggu pada Olimpic dan atau Paralympic Games tahun 2016 dan atau kejuaraan dunia tahun 2016 yang diakui oleh federasinya.

Selain itu, para atlet berpendidikan formal minimal Sekolah Lanjutan Tingkat Atas atau yang sederajat, yang dibuktikan dengan fotokopi sah ijazah/ surat tanda tamat belajar, Dibuktikan dengan piagam/ sertifikat dan surat atas keterangan prestasinya yang dikeluarkan oleh lembaga/ induk organisasi cabang olahraga yang berwenang dan mendapat pengesahan dari Menteri Pemuda dan Olahraga.

Dalam hal ini, pelaksanaannya dikoordinasikan oleh Menpora, dan merujuk pada ketentuan Permenpora No. 6/2018 tentang Persyaratan dan Mekanisme Seleksi, dan Pengangkatan Olahragawan Berprestasi Menjadi CPNS tahun 2018.

Baca Juga :   Delapan PMA Investasi 32,5 Juta Dolar Amerika di Batam

Berdasarkan Peraturan Menteri PANRB No. 36 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS tahun 2018, formasi khusus terdiri dari lulusan terbaik (cumlaude), penyandang disabilitas, putra-putri Papua dan Papua Barat, diaspora, olahragawan berprestasi internasional, serta tenaga pendidik dan tenaga kesehatan eks tenaga honorer kategori II yang memenuhi persyaratan.

Penundaan seleksi CPNS di daerah Gempa

Melihat kondisi infrastruktur di daerah gempa belum pulih, pemerintah menetapkan penundaan sementara untuk seleksi CPNS seperti di daerah Palu, Sulawesi Tengah. Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga mempertimbangkan efek psikologis yang dahsyat menimpa para korban bencana alam di sana.

Meski begitu, Pemerintah tetap memastikan proses pelaksanaan CPNS 2018 di daerah-daerah tersebut akan rampung pada tahun ini.

Yang berminat menjadi pelayan publik dapat melihat persyaratan di website Kementerian PAN-RB menpan.go.id, situs Badan Kepegawaian Negara (BKN) sscn.bkn.go.id, serta situs kementerian/lembaga bersangkutan.

====
dari berbagai sumber

foto: detik.com