Pelantar.id – Negara-negara bersalju adalah daya tarik bagi wisatawan terutama para traveler di negara tropis. Negara-negara bersalju menjadi pilihan tempat liburan impian.

Tak jarang traveler merencakan berlibur pada waktu-waktu musim salju dan berharap dapat menikmati kemewahan tersebut. Banyak negara bersalju di dunia yang bisa didatangi untuk menyaksikan dan menikmati dinginnya salju.

Berikut ini dirangkum dari detik.com, 10 negara di dunia yang menawarkan musim salju untuk para traveler.

Buffalo, AS

Saat musim dingin di Kota Buffalo, AS hujan salju turun hampir setiap hari. Membuat kota ini nyaris tertutupi salju. Rata-rata ketebalan salju di Buffalo nyaris mencapai 2,4 meter.

Apalagi ketika ada fenomena Polar Vortex di AS. Saljunya makin parah. Salju turun di Buffalo biasanya dari bulan Desember sampai Maret.

Rochester, AS

Berada di posisi 9, ada kota Rochester di AS yang juga setiap tahun dilanda hujan salju yang parah. Rata-rata ketebalan lapisan salju di Rochester mencapai 2,5 meter setiap tahunnya.

Baca Juga :   Pemerintah Tak Serius dalam Sidang Pemutusan Internet Papua

Suhu terdingin di kota ini juga tidak main-main, mencapai -17 derajat celcius. Saat musim panas, keadaan jadi sedikit membaik dengan suhu mencapai 29 derajat celcius.

Akita, Jepang

Kota Akita di Jepang menduduki peringkat 8 sebagai kota paling bersalju. Timbunan salju di Akita bisa mencapai 2,7 meter saat musim dingin tiba.

Karena sering turun salju, Akita pun terkenal akan olahraga ski dan snowboardingnya. Traveler bisa menjajal 2 olahraga musim dingin itu di berbagai resort ski yang ada di Akita.

Saguenay, Kanada

Di Saguenay, Kanada curah hujan salju juga lumayan tinggi setiap tahunnta. Salju di sini bisa mencapai 3 meteran setiap tahun.

Suhu dingin di kota ini sebagain disebabkan oleh hembusan udara dari Atlantik Utara. Saguenay di mata wisatawan paling terkenal untuk aktivitas main snowmobil hingga memancing ikan di danau beku.

Baca Juga :   Hapus Foto di Instagram, Yakin Benar-benar Hilang?

Syracuse, AS

Syracuse, AS juga diselimuti salju tebal setiap tahunnya. Ketebalannya mencapai lebih dari 3,1 meter. Berlokasi dekat dengan Danau Ontario membuat Syracuse makin sering hujan salju.

Quebec, Kanada

Kota Quebec di Kanada juga jadi langganan hujan salju setiap tahunnya. Salju mulai turun di Quebec pada bulan Desember dan berlanjut sampai bulan April.

Untuk memperingati salju tebal yang menyelimuti kota ini setiap tahunnya, biasanya digelar festival dan karnaval musim dingin untuk wisatawan. Festival ini digelar pada bulan Februari.

St. John, Kanada

St John di Kanada juga sering dilanda cuaca salju yang cukup ekstrem. Setiap tahun, rata-rata curah hujan salju di kota ini mencapai 3,3 meter.

Bulan paling dingin di St John adalah Februari. Suhu di bulan itu bisa sampai minus 8,6 derajat celcius.

Toyama, Jepang

Selanjutnya, ada Kota Toyama. Kota ini sudah terkenal dengan saljunya. Bahkan di sini ada jalanan dengan dinding salju tebal menghiasi kanan-kirinya.

Baca Juga :   Gema Zikir Sambut Tahun Baru 2019 di Batam

Curah hujan salju di Toyama mencapai 3,6 meter setiap tahunnya. Salju turun di Toyama pada bulan Desember sampai April.

Sapporo, Jepang

Kota Sapporo di Jepang duduk di peringkat 2 sebagai kota paling bersalju. Rata-rata setahun, curah hujan salju di Sapporo mencapai 4,8 meteran.

Salju pun jadi berkah di Sapporo. Kota ini pernah terpilih menjadi venue bagi Olimpiade Musim DIngin pada tahun 1972.

Aomori, Jepang

Dengan curah hujan salju mencapai 7.9 meter setiap tahun, Kota Aomori di Jepanf dinobatkan sebagai yang paling bersalju sedunia. Salju di Aomori turun dari bulan November sampai April.

Ahli meteorologi menyebut salju tebal di Aomori turun dipengaruhi angin dingin dan uap udara yang slaing bertabrakan sehingga memmpercepat terbentuknya awan salju di sana. Suhu terdingin di Aomori tercatat sebesar minus 24,7 derajat celcius di tahun 1931.