Pelantar.id – Kegunaan smartphone semakin disempurnakan. Ke manapun Anda pergi, smartphone adalah perangkat yang tak bisa terpisahkan. Kebutuhan penggunaan smartphone kini disesuaikan dengan fitur-fitur pendukung yang sangat bermanfaat untuk pengguna.

Dalam waktu dekat smartphone akan dirancang dapat digunakan untuk mengontrol penyakit. Hal ini disampaikan oleh sejumlah peneliti dari Imperial College London dan Universitas KwaZulu-Natal di Afrika Selatan. Kebutuhan fitur tersebut akan sangat berfungsi untuk daerah-daerah terpencil yang kesulitan mendapatkan akses kesehatan.

Para peneliti dari kedua universitas tersebut menyatakan dengan menggunakan ponsel dapat melakukan uji kesehatan sendiri dan langsung mendapatkan hasilnya. Hal ini pun dapat dilakukan di rumah.

Sementara ini smartphone sudah dibekali sensor dan dapat membantu diagnosis gejala penyakit. Sensor tersebut dapat digunak untuk monitor jantung dan oksimeter, ditambah dengan kamera dan mikrofon yang dapat digunakan untuk menganalisis gambar dan suara pernapasan seseorang.

Baca Juga :   Rekomendasi Objek Wisata Rayakan Pergantian Tahun di Karimun

Teknologi pengujian sederhana untuk mendukung hal tersebut sedang dikembangkan. Nantinya, teknologi itu dapat terhubung melalui USB atau koneksi nirkabel lainnya.

Dilansir dari Gadgetsnow (1/3), seseorang dapat mengambil sampel sendiri, kemudian memindai sampel tersebut ke aplikasi seluler. Selanjutnya, aplikasi itu akan mengirimkan hasilnya ke klinik kesehatan untuk diunggah ke pusat data secara online.

“Orang-orang semakin menggunakan ponsel untuk mengelola uang mereka dan terhubung dengan dunia. Tidak menutup kemungkinan bahwa ponsel juga dapat memainkan peran yang lebih besar dalam bidang kesehatan.” ujar Molly Stevens dari Imperial College London.

Para peneliti beranggapan bahwa ini dapat menjadi peluang untuk memanfaatkan teknologi, terutama di daerah terpencil yang sulit memiliki akses ke berbagai fasilitas kesehatan. Pendekatan macam ini nantinya dapat juga digunakan untuk memetakan wabah di suatu wilayah tertentu dan menemukan solusi untuk menanganinya.

Baca Juga :   Benang Tenun Perajut Negeri Segantang Lada

Apalagi tidak semua ponsel dibekali dengan sensor yang mumpuni untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Belum diketahui juga kapan hal tersebut bisa segera diwujudkan. Meski begitu, gagasan untuk menggunakan ponsel sebagai alat diagnosis cukup memberikan gambaran potensi kegunaan teknologi di masa depan.

sumber: tek.id