pelantar.id – Setelah memutus kerja sama dengan Jose Mourinho, Selasa (18/12/18), Manchester United (MU) langsung bergerak cepat. Tim asal Inggris itu menunjuk Ole Gunnar Solskjaer sebagai pelatih sementara hingga akhir musim 2018/2019.

Seperti diketahui, MU memecat Mourinho pascakekalahan dari Liverpool dengan skor 1-3 di Anfield, Minggu (16/12/18) malam. Selain hasil itu, penampilan MU di bawah asuhan pria asal Portugal tersebut di musim ini juga mengecewakan.

Saat ini, tim berjuluk Setan Merah tersebut tercecer di peringkat 6 klasemen sementara Liga Inggris. MU mengumumkan, Solskjaer yang berusia 45 tahun akan memimpin Young dan kawan-kawan sampai klub mendapat pelatih resmi di musim panas nanti.

Baca Juga :   4 Film Akhir Pekan yang Direkomendasikan

Solskajer akan didampingi mantan asisten Sir Alex Ferguson, Mike Phelan. Selain itu juga ada Michael Carrik dan Kieran McKenna yang merupakan staf di jajaran kepelatihan masa Mourinho.

“Manchester United menunjuk mantan striker klub, Ole Gunnar Solskjaer sebagai manajer caretaker hingga akhir musim 2018/19,” bunyi pernyataan MU di laman resminya, Rabu (19/12/18).

Selama berseragam MU, Solskjaer tercatat mencetak 126 gol dalam 366 penampilan dari 1996 sampai 2007. Pada tahun 2018, Solskjaer berkarir menjadi pelatih tim reserve klub, sebelum menangani FC Molde di Norwegia.

Solskjaer membawa MU juara Liga Champions 1999 setelah mencetak gol ke gawang Bayern Muenchen di final.
Foto: Goal.com 

Di masanya sebagai pemain MU, Solskjaer sudah merasakan raihan 12 trofi juara, 6 di antaranya adalah trofi Liga Inggris. Nama Solskjaer sangat dikenang fans MU saat ia mencetak gol kemenangan di masa injury time pada final Liga Champions 1999. Gol Solskjaer itu yang mengantarkan United mengalahkan Bayern Muenchen 2-1.

Baca Juga :   Memancing, Makan dan Menginap di Kelong Batam

Solskjaer akan memulai debutnya melatih Romero Lukaku dan kawan-kawan pada akhir pekan ini, Minggu (23/12/18) melawan Cardiff City. Itu akan menjadi laga penuh emosional bagi Solskjaer karena Cardiff adalah tim yang pernah ditukanginya.

*****

Yuri B Trisna