Pelantar.id- Rambut adalah mahkota yang gampang terpapar sinar matahari. Rambut juga gampang terkena debu. Saat terpapar matahari rambut mudah mengeluarkan keringat sehingga menimbulkan bau tak sedap.

Faktor aroma tak sedap pada rambut tak hanya disebabkan oleh faktor luar tetapi juga dari dalam tubuh kita. Dilansir dari merdeka.com rambut bau bisa disebabkan oleh hormon dalam tubuh.

Bau tak sedap apalagi bagi Anda yang jarang mencuci rambut tentunya akan menjadi masalah. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan melakukan langkah sebagai berikut.

Cuci rambut secara teratur

Kelenjar minyak di kulit kepala memproduksi minyak secara teratur. Semakin lama tidak dikeramas, semakin menumpuk pula sebum di area tersebut. Akibatnya kulit kepala menjadi tempat berkembang biak kuman. Kuman inilah yang memicu bau tak sedap.

Baca Juga :   One Million Yen Girl: Tentang Hidup yang Tak Semanis Gula

Cara terbaik untuk menghindarkan rambut dan kulit kepala dari bau tak sedap adalah mencuci rambut secara teratur.

Obati ketombe

Ketombe bisa disebabkan jamur atau bakteri. Tak hanya menjadikan kulit kepala mengelupas, mikroba ini juga bisa mengakibatkan bau tak sedap pada kulit kepala.

Jika Anda menderita kulit kepala bau dan berketombe, atasi ketombenya terlebih dahulu. Gunakan sampo dengan kandungan sulfur untuk membunuh mikroba penyebab ketombe.

Pakai pakaian tipis dan nyaman agar tak mudah berkeringat

Produksi keringat berlebih biasanya juga disertai dengan produksi sebum oleh kelenjar minyak di kulit kepala. Karena itu jika cuaca panas dan rawan membuat Anda berkeringat lebih banyak, sebaiknya kenakan baju yang tidak terlalu tebal dan nyaman. Jadi Anda tidak akan mudah gerah.

Baca Juga :   Motif Lain Dibalik Rencana Penghilangan Tombol Like Instagram

Jangan menggaruk kulit kepala

Menggaruk kulit kepala yang terasa gatal memang terasa menggoda. Tetapi kebiasaan ini bisa meningkatkan sekresi minyak dari kulit kepala.

Jangan gunakan kondisioner sampai di kulit kepala

Kondisioner hanya ditujukan untuk rambut Anda dan bukan kulit kepala Anda. Menerapkan kondisioner pada kulit kepala dapat membuatnya lebih berminyak, memberikan kesempatan bagi bakteri penyebab bau pada kulit kepala Anda untuk berkembang biak.

Gunakan kondisioner dari pertengahan rambut hingga ujung saja. Tidak perlu menggunakannya pada akar dan pangkal rambut.

Selain tips-tips di atas, Anda juga dapat menggunakan ramuan bahan alami untuk mengatasi kulit kepala yang berbau tak sedap. Misalnya saja larutan cuka apel, sari tomat, atau air perasan jeruk nipis.

sumber: merdeka.com