Pelantar-id – Bau badan kadangkala membuat kita tidak nyaman dan mengganggu pada saat berada dikeramaian. Sudah mandi tapi masih bau badan? Mungkin Anda termasuk yang mengalami kondisi seperti ini.

Bau badan sebenarnya tidak hanya disebabkan oleh seseorang tidak bersih, namun ada faktor lain yang menimbulkan bau tersebut.

Aroma yang tidak sedap sebetulnya mengindikasikan beberapa hal. Dilansir dari dokter sehat, Selasa (5/11/2018) pada dasarnya aroma tubuh yang kurang sedap itu berasal dari terkekangnya pernapasan tubuh.

Tubuh bernapas lewat pori-pori. Jika pori-pori ini tersumbat, akibatnya nafas tubuh yang seharusnya dikeluarkan terjebak dalam keringat dan membuat bau tak sedap.

Bakteri juga berperan membentuk bau badan adalah Anaerobik. Ketika tubuh bermetabolisme, nafas pembuangan bercampur dengan bakteri ini.

Baca Juga :   Nurhasanah Pengisi Suara Doraemon, Meninggal Dunia

Semakin banyak Anda beraktivitas bau badan sulit dikendalikan. Hal lainnya seperti berat badan, infeksi kulit, pengidap penyakit gula rendah dan diabetes juga rentan diserang bau badan.

Berikut beberapa solusinya dikutip dari situs National Health Security (NHS) Inggris untuk menghilangkan masalah bau badan.

Mandi dua kali sehari

Masih bau meski sudah mandi jangan disikapi dengan tidak lagi membersihkan mandi. Mandi tetap harus dilakukan untuk membunuh bakteri di permukaan kulit.

Saat cuaca terasa lebih panas dan keringat banyak keluar, sebaiknya mandi dua kali sehari untuk menjamin kebersihan kulit.

Gunakan sabun antibakteri
Anda dapat membersihkan tubuh dan ketiak Anda dengan menggunakan sabun antibakteri untuk menghilangkan bau badan. Carilah sabun yang tertulis kata ‘antibakteri’.

Baca Juga :   Conor McGregor Dipenjara di Miami Karena Merampok

Keringkan badan dengan benar

Setelah Anda mandi, segera keringkan tubuh Anda dengan benar. Pastikan daerah yang berkeringat telah kering dengan sempurna. Ini adalah salah satu cara menghilangkan bau badan yang penting untuk diketahui.

Karena bakteri yang menyebabkan bau badan memiliki waktu yang sulit untuk berkembang biak jika kulit Anda kering.

Mencukur bulu ketiak

Rambut ketiak bisa menjadi penyebab timbulnya bau badan yang kurang sedap. Rambut yang terlalu banyak mengakibatkan keringat sulit menguap, hingga menjadi tempat hidup ideal bagi bakteri.

Selain cukur, sebaiknya cuci ketiak dengan sabun antibakteri tiap kali membersihkan tubuh.

Gunakan deodoran

Deodoran dan antiperspiran mengandung bahan kimia berbeda untuk mengatasi bau badan. Deodorant menggunakan parfum sedangkan antiperspiran mengandung aluminium klorida.

Baca Juga :   Kenduri Seni Melayu Tetap Digelar Tahun Ini di Batam

Bahan kimia ini mampu mengurangi produksi keringat berlebih pada tubuh. Antiperspiran bisa digunakan malam hari sebelum tidur atau usai mandi.

Gunakan pakaian bersih

Mengganti pakaian lebih sering dengan yang bersih menekan risiko aroma tubuh tak sedap. Selain itu sebaiknya pilih pakaian yang berbahan serta natural misal wool, katun, atau sutra.

Bahan ini menjaga sirkulasi udara, yang memungkinkan kulit bernapas dan keringat lekas menguap.

=======
dari berbagai sumber

foto: istock