pelantar.id – Luke Perry, bintang serial ‘Beverly Hills 90210’ yang ngehits di era 1990-an meninggal dunia karena serangan stroke. Dikutip dari WIBC, ahli jantung dan pembuluh darah dari Franciscan Health Indianapolis, dr Atul Chugh mengatakan kemungkinan Luke Perry mengalami stroke hemoragik, yaitu ketika pembuluh darah pecah di otak dan menyebabkan hilangnya fungsi tubuh dengan cepat.

Serangan stroke termasuk salah satu kedaruratan, dapat menyerang siapa saja, termasuk anak muda. Dikutip dari hellosehat.com, pada 2010, sebuah studi yang dipublikasikan pada jurnal Stroke, menemukan antara 1988 hingga 2004, serangan otak tiga kali lipat terjadi pada perempuan berusia 35 hingga 54 tahun.

Bahkan pada pertengahan tahun 1990 hingga awal 2000, penelitian yang dipublikasikan di Neurology menunjukkan adanya peningkatan stroke sekitar 54 persen terhadap orang dewasa yang berusia 20 hingga 45 tahun.

Baca Juga :   Kongsi Marvel dan Sony Pisah, Spiderman Hengkang dari MCU

Sebelum diserang sebaiknya Anda segera mencegahnya dengan menjaga tekanan darah, baik dengan olahraga atau dengan obat-obatan. Penanganan medis sesegera mungkin adalah keharusan. Makin cepat tertangani, makin kecil risiko terjadi kerusakan permanen maupun fatal di jaringan otak. Anda dapat mengenali gejalanya untuk mencegah penyakit ini menyeranga Anda.

Beberapa gejala yang bisa bisa dikenali antara lain sebagai berikut:

  • Bermasalah untuk bicara dan memahami, kesulitan mencari kata-kata dan kebingungan. Bicara pelo juga sangat khas pada serangan stroke.
  • Lumpuh maupun mati rasa pada wajah, lengan, atau kaki. Biasanya terjadi hanya pada satu sisi tubuh, tetapi bukan tidak mungkin terjadi pada kedua sisi.
  • Pandangan kabur tanpa sebab yang jelas, kadang berbayang.
  • Sakit kepala yang sangat intens dan mendadak. Bisa juga disertai dengan pusing dan mual muntah.
  • Sulit berjalan dengan normal, hilang keseimbangan dan sulit mengontrol koordinasi gerak tubuh.
Baca Juga :   Musim Liburan Tiba, Bandara Hang Nadim Kembali Ramai Penumpang

Apabila mengalami gejala tersebut, mana sangat dianjurkan untuk langsung mencari pertolongan medis.

sumber: detik.com