pelantar.id – Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Korea Selatan membuat Presiden Moon Jae-In dan member Super Junior terkesan. Mereka memiliki cara masing-masing untuk mengungkapkan kesan itu. Mulai dari saling puji di Twitter dan Instagram hingga doyang gayung bersama.

Moon Jae-In, misalnya. Lewat Twitter, ia mengungkapkan persahabatannya dengan Jokowi bagai malam yang indah di Korea. Menariknya, tweet ini diposting dalam Bahasa Indonesia. Padahal biasanya Moon nge-tweet dalam huruf Hangeul (huruf Korea) atau Bahasa Inggris ketika menyambut pemimpin negara lain.

Ada tiga foto yang di-posting Moon di akun Twitter. Foto itu adalah foto saat Jokowi disambut dengan meriah dalam upacara kenegaraan di Istana Cheong Wa Dae. Ada juga foto saat Jokowi bersama Moon minum teh bersama di Istana.

Sementara para member Super Junior kompak mem-posting di Instagram foto-foto mereka dengan Jokowi. Bahkan beberapa member menulis kata ‘Terima Kasih’ di caption postingan. Masih ingat Goyang Dayung yang dilakukan Presiden Jokowi saat pembukaan Asian Games 2018? Saat berada di Seoul, Korsel, Jokowi kembali bergoyang dayung bersama anggota Super Junior (Suju).

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana goyang dayung bersama Super Junior, Selasa (11/9).
Foto: Dok. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden

Jokowi bersama Leeteuk, Siwon, Yesung, Donghae, Eunhyuk cs menggoyangkan tangan mereka seperti goyang dayung. Video goyang dayung itu juga diunggah oleh salah satu member Suju, Yesung di Instagram. Jokowi bersama Iriana tersenyum semringah saat bergoyang dayung. Begitupun dengan member Suju.

Baca Juga :   Pemerintah Beri Insentif Investor dan Kredit Pelaku Usaha Pariwisata

Sebelumnya, para member Suju kompak memposting pertemuan mereka dengan Jokowi. Salah satunya Siwon. Dia mengungkapkan terinspirasi dari pertemuan dengan Jokowai dan berharap kerja sama budaya untuk ke depannya. Mereka pun goyang dayung bersama Jokowi seperti yang pernah dilakukan Presiden ke-7 RI itu saat pembukaan Asian Games 2018 beberapa waktu lalu.

Bahkan, komentar Siwon di Instagram direspons oleh Jokowi. Siwon mengatakan sangat terinspirasi oleh Jokowi.

“Mr Presiden, merupakan suatu kebanggaan bagi saya bertemu Anda. Saya sangat terinspirasi. Saya menanti kerja sama pertukaran budaya dengan Indonesia ke depannya. Terima Kasih! @jokowi #energyofasia,” tulis Siwon, Selasa (11/9).

Jokowi mengucapkan terima kasih atas kedatangan Siwon beserta member Suju untuk memeriahkan closing ceremony Asian Games 2018 beberapa waktu lalu.

“Terima kasih atas kedatangan @SiwonChoi dan kunjungan ke Jakarta untuk bertemu ELF minggu lalu. Sangat bahagia bertemu kalian semua,” kata Jokowi.

“@jokowi, Mr President, ini adalah momen membanggakan bertemu Anda dan saya ingin bertemu lebih banyak dengan Anda nantinya,” jawab Siwon lagi di kolom komentar.

Baca Juga :   DCT Batam Bebas Caleg Mantan Koruptor

Kuliah Umum
Saat memberi kuliah umum di hadapan ratusan mahasiswa Hankuk University of Foreign Studies, Jokowi bercerita soal aksinya naik moge saat opening ceremony Asian Games 2018. Jokowi memberikan kuliah umum tentang kunjungannya ke Rakhine State, Kamp Jamtoli, Cox Bazar untuk menemui pengungsi etnis Rohingya pada Januari 2018 lalu. Selain itu, Jokowi berbicara pandangan tentang perdamaian di semenanjung Korea.

“Saya tahu sudah banyak pembicara yang sangat terhormat hadir di HUFS ini. Ada Presiden Barack Obama, ada Presiden Gorbachev, ada Sekjen PBB Ban Ki-moon. Pernah berbicara di sini, memberikan sambutan di Hankuk University,” kata Jokowi dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet, Rabu (12/9).

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana berswafoto dengan para mahasiswa Universitas Hankuk usai memberikan kuliah umum di Seoul, Korsel, Selasa (11/9).
Foto: Dok. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden

Jokowi mengatakan meski banyak pemimpin ternama yang memberikan kuliah di Hankuk, tidak ada pemimpin yang melakukan aksi ekstrem dengan moga seperti dirinya. Gemuruh tepuk tangan para mahasiswa langsung memenuhi ruangan saat Jokowi mengucapkan hal tersebut.

Kata Jokowi, awalnya dia diberi tiga pilihan oleh panitia penyelenggara Asian Games 2018 untuk aksi dalam pembukaan. Pertama, biasa-biasa. Lalu, yang kedua agak ekstrem dan ketiga ekstrem. Jokowi pun memilih yang ketiga.

“Dari mereka, tidak ada yang pernah meloncat di atas mobil dengan mengendarai sepeda motor. Saya memilih yang ketiga yang ekstrem yaitu naik sepeda motor,” kata Jokowi.

Usai memberikan kuliah umum, Jokowi menerima jaket Hankuk University UHFS. Tak lupa Jokowi juga berfoto bersama para mahasiswa.

Editor : Yuri B Trisna
Sumber : Detik.com