Pelantar.id – Tagar  world war3 atau perang dunia ke-3 menjadi trending topik ketiga di Twitter. Ada apa gerangan? Hal ini ternyata berhubungan dengan kematian seorang Komandan Garda Revolusi Iran, Mayor Jenderal Qasem Soleimani, dalam serangan di Bandara Baghdad, Irak.

Ia tewas karena serangan drone yang dilakukan pihak militer Amerika Serikat atas perintah Presiden AS Donald Trump Jumat (3 Januari) lalu. Belum selesai dengan kasus pemakzulannya, Trump malah memperkeruh perdamaian dunia.

AS melalui Pentagon sudah mengkonfirmasi tindakan tersebut dengan alasan bahwa Soleimani berkontribusi mengatur serangan terhadap pangkalan koalisi di Irak, termasuk 27 Desember 2018 saat serangan roket menewaskan seorang kontraktor sipil AS.

Baca Juga :   Vaksinasi Lansia di Kepri akan Dilakukan Dari Pintu ke Pintu

Pembunuhan Komandan Iran tersebut spontan mencemaskan masyarakat dunia dan muncullah tagar akan meletusnya perang dunia ke-3. Sementara Pemerintah Iran sudah mengeluarkan peringatan terhadap AS bahwa negara adidaya itu harus bertanggungjawab atas konsekuensinya.

Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei juga mengeluarkan peringatan “balas dendam berat” untuk “para penjahat” (AS). Dia juga menyatakan tiga hari berkabung.

Untuk diketahui, bahwa Jendral Soleimani adalah salah satu tokoh paling populer di Iran dan dipandang sebagai musuh mematikan oleh Amerika dan sekutunya.