Pelantar.id – Winamp dikabarkan akan kembali hidup di 2019 setelah pemutar media buatan Nullsoft ini melakukan pembaharuan terakhir pada tahun 2013.

Winamp merupakan perangkat lunak freeware atau shareware yang dapat memainkan berbagi codec dan tipe audio dan juga dapat dikostumisasi. Pada pembaharuan nanti, aplikasi yang sudah dibeli oleh perusahaan Radionomy ini tidak hanya menjadi aplikasi pemutar MP3, tetapi juga layanan audio streaming yang memadukan musik, podcast, dan layanan streaming lainnya.

“Tahun depan dipastikan Winamp akan hadir dalam bentuk baru, dengan tetap mengusung legenda Winamp, kini lebih komplit,” kata CEO Radionomy, Alexandre Saboundjian.

Dia optimistis bahwa aplikasi Winamp nantinya bisa kembali berjaya di beragam perangkat mobile karena menurutnya kini konsumen atau penggunanya ingin sebuah aplikasi yang bisa menyediakan beragam konten dan pengalaman.

Baca Juga :   Ini 9 Anggota Dewan Pers Terpilih Periode 2019-2022

Saboundjian mengaku Winamp masih memiliki banyak penggemar yang sebagian besar justru berasal dari luar Amerika Serikat. Seperti diketahui Winamp pertama diluncurkan oleh Justin Frankel pada tahun 1996.

Winamp diakuisisi oleh AOL di tahun 2002 yang kemudian dijual ke Radionomy pada tahun 2014. Pada tahun 2005, Winamp berkembang dari 33 juta pemakai bulanan sampai lebih 57 juta pengguna bulanan, menjadikan Winamp yang kedua yang sering digunakan untuk media pemutaran sedunia setelah Windows Media Player.

Namun, seiring berkembanganya zaman, sepertinya Winamp sudah mulai dilupakan oleh para penggunanya dan munculnya banyak pilihan media player modern dan keren selain Winamp.

Pada tanggal 20 November 2013, AOL mengumumkan bahwa Winamp.com akan ditutup pada tanggal 20 Desember 2013, dan perangkat lunak tidak lagi tersedia untuk diunduh atau didukung oleh perusahaan setelah tanggal tersebut.

Baca Juga :   Kisah Kanibalisme dari Tanah Batak Toba

Agar tidak dilupakan penggemarnya, Winamp kembali mengembangkan terobosan baru yang dibutuhkan oleh pengguna masa kini. Rencana perusahaan akan memperbarui Winamp untuk desktop dan seluler.

Sebagai permulaan Winamp versi 5.8 yang telah dirilis sebelumnya akan hadir minggu ini.

===========
sumber: metrotvnews.com