Pelantar.id – Taman Nasional Lorentz menjadi Google Doodle hari ini. Hal itu bersempena dengan peringatan hari jadi Taman Nasional Lorentz di Papua hari ini, 4 Desember 2019. Google menampilkan grafis burung Beo Pesquet sebagai spesies langka yang hidup di kawasan tersebut.

Perayaan hari jadi Taman Nasional Lorentz yang terletak di Papua ini karena Taman Nasional Lorentz dianggap sebagai salah satu situs warisan Dunia (World Heritage Site) terpenting.

Nama ‘Lorentz’ diambil dari nama penjelajah Belanda, Hendrikus Albertus Lorentz, yang mengunjungi daerah itu pada 1909. Situs WWF memuat Taman Nasional Lorentz merupakan kawasan lindung terluas di Indonesia dengan luas 2.4 juta ha. Kawasan tersebut mewakili jenis habitat beragam, dari rawa hingga hutan pegunungan tinggi.

Baca Juga :   Jika Kasus Covid-19 Menurun, Sekolah Akan Dibuka Kembali pada Akhir Tahun

Kawasan yang paling terkenal di Taman Nasiona Lorentz adalah Lembag Baliem. Puncak Jaya juga berada di kawasan ini sebagai gunung dengan puncak tertinggi di Asia Tenggara.

Di sini ditemukan keanekaragaman hayati, banyak hewan langka seperti kanguru pohon, harimau, dan spesies burung langka seperti burung beo Pesquet dan echidna–mamalia trenggiling berduri yang bertelur.

Taman Nasional ini sangat dilindungi karena sempat menghadapi ancaman pembalakan liar dan pertambangan di daerah perbatasan. Sehingga sudah masuk daftar Situs Warisan Dunia yang dilindungi oleh World Wildlife Federation dan UNESCO.