Pelantar.id – Saat ini pemerintah sudah mengharuskan penggunaan masker terutama ketika berada dikeramaian. Kita juga diharuskan untuk tetap menjaga jarak.

Dalam penggunaan masker ada beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika atau CDC menyatakan masker tidak diajurkan untuk bayi balita di bawah 2 tahun dan orang-orang kesulitan bernapas.

CDC menawarkan beberapa tips menggunakan masker dengan benar, di antaranya sebagai berikut:

Jangan menyentuh masker dan area wajah terutama mata, mulut, dan hidung Anda.
Anda juga harus mencuci tangan sebelum dan sesudah melepas masker.

Lepaskan masker dengan melepaskan talinya bukan dengan menyentuh bagian depan.

Jika memungkinkan, buang masker sekali pakai setelah menggunakannya. Dan jika Anda tidak dapat membuang masker, pastikan untuk mendisinfeksi dengan alat sterilisasi ultraviolet, jika menggunakan produk kain, cucilah atau bersihkan dengan sabun dan air.

Jangan menyimpan masker kotor di sekitar rumah, di mana orang dapat dengan mudah menyentuhnya dan berpotensi menginfeksi diri mereka sendiri.

Mengapa harus menggunakan masker?

Penggunaan masker dapat menghentikan pembawa asimptomatik: banyak dari kita bahkan mungkin tidak tahu sakit, dan menginfeksi orang lain secara tidak sengaja.

Baca Juga :   Salat Tarawih Berjamaah Perdana di Kota Batam Ditengah Pandemi Covid-19

Masker dapat menawarkan perlindungan dari orang lain, terutama mengamankan hidung dan mulut. Kita tidak tahu apakah setiap orang aman saat berada di keramian.

vox