pelantar.id –  Telkomsel optimistis bisa melayani lonjakan trafik telekomunikasi yang bakal  meningkat saat perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Telkomsel menambah  BTS maupun penguatan kapasitas layanan  di beberapa daerah yang diprediksi akan mengalami lonjakan.

Vice President ICT Network Management Area Sumatera Telkomsel, Awal R Chalik mengatakan, penambahan yang paling tinggi terjadi pada jaringan 4G  yang tersebar di pusat pemerintahan termasuk di sejumlah destinasi wisata.

“Kami memahami bahwa pelanggan biasanya bertukar informasi cenderung menggunakan layanan data. Karena itu, Telkomsel menyiapkan layanan 4G LTE yang mampu menampung lonjakan trafik data tersebut sejak jauh hari,” katanya dalam siaran pers kepada pelantar.id, Kamis (20/12/18).

“Meski begitu kami juga meningkatkan kapasitas SMS dan khusus layanan kami tingkatkan hingga 146 persen dari kondisi normal untuk menampung lonjakan yang biasanya terjadi,” sambungnya.

Awal mengatakan, kemampuan jaringan telah diuji secara berkala, dan Telkomsel juga sudah melakukan test drive secara merata di pusat kota hingga pelosok daerah yang menjadi sentra tujuan mudik maupun wisata.

Lonjakan penggunaan layanan Telkomsel di Area Sumatera pada H-1 Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 diperkirakan akan didominasi oleh lonjakan layanan data. Telkomsel memprediksi lonjakan layanan data hingga 25 persen, voice meningkat 2 persen, dan SMS di kisaran angka 5 persen.

Baca Juga :   Cara Alami Atasi Tangan dan Kaki yang Sering Berkeringat

Lonjakan permintaan produk

(kiri ke kanan) Awal R. Chalik, Erwin Tanjung, dan Andry Firdiansyah memberi keterangan pers di Medan, Kamis (20/12/18). F Istimewa

Tidak hanya penambahan dan penguatan jaringan tersebut, lanjut Awal, Telkomsel juga telah mengantisipasi lonjakan permintaan terhadap produk dengan meningkatkan jumlah produksi, baik untuk kartu perdana, isi pulsa, maupun untuk paket bundling. Telkomsel pun menjamin layanan produk tersebut bisa didapatkan dengan mudah di seluruh mitra dealer dan mitra kerja Telkomsel di seluruh Indonesia.

“Penyebaran produk Telkomsel sudah bisa didapatkan dengan mudah di setiap kios-kios penjual pulsa, bahkan di pelosok desa,” kata Awal.

Vice President Sales and Marketing Area Sumatera Telkomsel, Erwin Tanjung menambahkan, berdasar data tahun sebelumnya, terjadi peningkatan pembelian pulsa sebesar 7,5 persen saat Natal dan Tahun Baru. Telkomsel telah menyediakan dua kali lipat dari biasanya sehingga ketersediaan produk betul-betul terjamin dan terjangkau oleh masyarakat. 

“Telkomsel telah meningkatkan distribusi produk maupun ketersediaan pengisian pulsa hingga dua kali lipat dari kondisi normal. Bukan hanya di outlet tapi di semua Channel Distribusi baik Traditional Channel (Mkios dan Voucher Fisik) dan Modern Channel (ATM, T-Cash, Transfer Pulsa dst). Dari peningkatan ini dapat dipastikan bahwa Telkomsel dapat memenuhi lonjakan kebutuhan komunikasi pelanggan nantinya,” katanya.

Erwin mengatakan, Telkomsel juga membuat 29 Posko Siaga yang tersebar di seluruh titik keramaian dan lokasi wisata. Di masing-masing titik akan ada pelayanan penjualan pulsa dan kartu perdana, layanan migrasi USIM, redeem Telkomsel Poin dan layanan penjualan content-content digital.

Baca Juga :   Harga Pertamax Naik Rp900, Premium dan Pertalite Tetap

Adapun untuk GraPARI Siaga Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di Sumatera, Telkomsel menyiapkan 20 titik. GraPARI itu akan tetap melayani pelanggan meski di hari libur.

“Khusus GraPARI Graha Merah Putih di Medan, Jalan Putri Hijau, tetap melayani pelanggan hingga 24 Jam, termasuk saat tahun baru,” ujarnya.

Program CSR Telkomsel

(kiri ke kanan) Awal R. Chalik, Erwin Tanjung, dan Andry Firdiansyah

Menyambut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Telkomsel juga menggelar program CSR. Telkomsel  menyalurkan bantuan berupa donasi kepada 14 panti asuhan dan gereja serta  komunitas keagamaan.

Program CSR itu disejalankan pula dengan aksi bersih-bersih lingkungan panti asuhan serta pemberian sembako di beberapa titik di Sumatera.

Vice President Business Support Area Sumatera Telkomsel, Andry Fitriansyah mengatakan, penyaluran CSR tersebut seiring dengan kepedulian melayani pelanggan dan industri telekomunikasi sebagai bisnis utama.

“Kegiatan (CSR)  ini merupakan wujud syukur kami atas pencapaian perusahaan.  Kami berharap bantuan tersebut memberikan manfaat bagi anak-anak dan yayasan yang menaunginya, serta bagi masyarakat luas,” kata dia.

*****

Yuri B Trisna