pelantar.id – Telkomsel memperkuat kapasitas jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik selama event MTQ VII Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di Desa Lanjut Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga, 8-15 Mei 2018. Telkomsel pun menyediakan berbagai perangkat telekomunikasi guna mendukung kelancaran acara itu.

Selain melakukan pengawalan infrastruktur guna mendukung optimalisasi jaringan untuk kebutuhan komunikasi seluler pelanggan, peserta MTQ dan masyarakat, Telkomsel juga menambah 1 site mini Compact Mobile Base Station (COMBAT) dengan kemampuan layanan 3G dan 4G yang diinstal di area pusat kegiatan MTQ.

“Telkomsel juga melakukan penambahan kapasitas transportasi penggunaan data di Kota Dabo yang merupakan kota terbesar ke dua di Lingga. Telkomsel meng-upgrase kapasitas dari 300 Mbps menjadi 800 Mbps. Kebutuhan komunikasi selama acara itu pasti meningkat,” kata Manager Network Service Batam Telkomsel Andi Suapril kepada pelantar.id.

Ia mengatakan, Telkomsel memandang perlu menambah kapasitas jaringan mengingat perhelatan akbar ini tidak hanya sekadar diramaikan peserta, undangan dan awak media yang meliput, tetapi juga masyarakat di Lingga. Ramainya pengguna telepon seluler selama acara, dipastikan akan meningkatkan trafik komunikasi, baik suara maupun layanan data.

“Untuk menjaga agar pelanggan dapat terus berkomunikasi dengan nyaman dan menikmati kualitas terbaik itulah, Telkomsel menambah kapasitas jaringan, khususnya untuk menjaga kualitas layanan data,” ujarnya.

Baca Juga :   Indonesia Resmi Gelar MotoGP 2021, Bangun Sirkuit di NTB

Menurut Andi, tingginya penggunaan layanan data tersebut antara lain dipicu oleh aktivitas sosial media serta penggunaan aplikasi pesan instan oleh para peserta, tamu undangan dan masyarakat, seperti mengunggah foto dan video di lokasi kegiatan. Di samping itu, pengunjung juga memanfaatkan layanan data untuk mengakses berbagai kegiatan yang berlangsung selama acara MTQ tingkat Provinsi Kepri itu.

Untuk menjaga kenyamanan penggunaan telekomunikasi, Telkomsel juga menyiagakan Mobile Backup Power (MBP) untuk mengantisipasi jika terjadi putusnya catuan daya listrik ke BTS di sekitar kegiatan. MBP tersebut ditempatkan pada setiap site yang meng-cover acara ini terutama dilokasi COMBAT, sehingga bila terjadi permasalahan terkait catuan daya listrik, maka MBP siap menggantikannya.

Seluruh persiapan pengawalan infrastruktur dan layanan komunikasi selama acara MTQ telah dipersiapkan Telkomsel secara matang, sebagai upaya menciptakan great experience seluruh peserta MTQ dan masyarakat di Kepri, khususnya di Lingga selaku tuan rumah.

Gubernur Kepri Senang
MTQ Provinsi Kepri ke-7 dibuka Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Selasa (8/5) malam di Desa Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga. Pembukaan berlangsung semarak dengan berbagai kegiatan, yang diawali dengan penyambutan tamu, malam taaruf, pawai taaruf, dan peresmian bazar MTQ.

Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan Wakil Gubernur Isdianto menerima sekapur sirih di malam pembukaan MTQ VII Kepri 2018 di Lingga, Selasa (8/5). Foto: Dok. Humas Pemprov Kepri

Pembukaan MTQ ditandai dengan pemukulan bedug oleh Gubernur Nurdin, Wakil Gubernur Isdianto, Anggota DPD RI Nyat Kadir, Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah, Bupati Lingga Alias Wello, Wakil Bupati Lingga M Nizar dan jajaran FKPD Kepri serta Lingga.

Baca Juga :   Pasien Positif COVID-19 di Batam Menjadi 2 Orang

Nurdin merasa senang melihat antusiasme masyarakat dan peserta selama acara itu. Menurutnya, suasana malam itu seperti malam Lebaran, peserta, tamu undangan dan masyarakat terlihat riang gembira dalam keramaian suasana.

“Saya sangat senang, event ini selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah. Juga sebagai penyejuk dan perekat kebersamaan masyarakat,” katanya.

Ia berharap sekitar 256 qari dan qariah yang akan bertanding, menampilkan kemampuan terbaiknya di MTQ ini. Kepada Dewan Hakim Nurdin meminta bersikap tegas, jujur dan adil dalam memberi penilaian. Para pemenang di MTQ Kepri ini, nantinya akan mewakili Kepri di ajang MTQ Nasional XXVI di Medan, Sumatera Utara.

Editor: Yuri B Trisna