pelantar.id – Telkomsel siap menyambut lonjakan trafik komunikasi selama Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah. Untuk menghadapi mudik Lebaran, Telkomsel telah mengidentifikasi sebanyak 198 hotspot atau POI (Point of Interest) se-Sumatera yang meliputi bandara, terminal bus, stasiun kereta, pelabuhan, rumah sakit serta pusat-pusat keramaian.

Guna memaksimalkan kapasitas di lokasi-lokasi tersebut, Telkomsel menyiagakan 10 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS, untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses data. Berbagai juga dilakukan Telkomsel Area Sumatera untuk mengoptimalkan kualitas jaringan menghadapi periode mudik Lebaran di antaranya membangun lebih dari 3.100 base transceiver station (BTS) baru.

“Kami sengaja melakukan kesiapan jaringan sejak jauh hari sebelum memasuki bulan Ramadan, agar kenyamanan pelanggan tetap terjaga. Ini adalah bentuk komitmen Telkomsel memberikan layanan terbaik, terutama di berbagai jalur dan lokasi yang akan dipadati pemudik maupun wisatawan, sehingga dapat memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan saat momen lebaran,” kata
Executive Vice President Telkomsel Area Sumatera Paulus Djatmiko dalam siaran pers kepada pelantar.id, Selasa (5/6).

Baca Juga :   Ekonomi Kepri Tumbuh Melambat 3,7 Persen

Paulus mengatakan, trafik layanan data atau payload pada puncak Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) tahun ini diproyeksi sekitar 3,6 terabyte atau naik lebih 49 persen dibanding tahun lalu. Trafik layanan suara pada puncak Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini diproyeksi lebih dari 496 juta menit per hari, sedangkan trafik SMS diperkirakan menembus lebih dari 68 juta SMS per hari pada puncak RAFI kali ini.

Telkomsel menghadirkan posko mudik dan titik layanan di lokasi-lokasi POI yang telah teridentifikasi agar kebutuhan komunikasi pelanggan tetap terjaga. Selain itu seluruh channel pelayanan existing Telkomsel juga diharapkan dapat berfungsi maksimal selama Ramadhan dan Lebaran, di antaranya 115 GraPARI, 189 Mobile GraPARI, 15 unit layanan digital self-service MyGraPARI, dan 266 Branch Office (Telkomsel Distribution Center). Pada saat yang bersamaan, mitra distributor Telkomsel juga turut siaga menjaga ketersediaan produk.

Baca Juga :   500 Pesawat Lion Air Group Diperbaiki di Batam

Untuk memastikan kesiapan jaringan dalam mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi selama periode Ramadhan dan Idul Fitri, Telkomsel telah meningkatkan seluruh elemen jaringan di titik-titik strategis jalur mudik dan pusat-pusat keramaian publik. Secara nasional , Telkomsel membangun 12,113 BTS multi-band Long Term Evolution (LTE) di seluruh Indonesia.

Dari sisi produk dan layanan, secara nasional Telkomsel berupaya menjaga ketersediaan kartu perdana dan layanan isi ulang pulsa sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang biasanya meningkat pada periode RAFI.

“Telkomsel juga menggelar posko layanan di 772 titik strategis di jalur mudik dan lokasi wisata utama (point of interest),” kata Paulus.

Selain itu, seluruh kanal pelayanan existing Telkomsel juga bersiaga melayani pelanggan, di antaranya 83 GraPARI Telkomsel Siaga dan 349 GraPARI Mitra Siaga, 761 Mobile GraPARI yang terdiri dari 592 armada mobil dan 169 armada motor, 98 unit layanan digital self-service MyGraPARI, 359 kantor pelayanan mitra distributor, dan 3.779 Outlet Siaga.

Baca Juga :   Timnas U-19 vs Jepang U-19, Saatnya ke Piala Dunia

Yuri B Trisna