Pelantar.id – Sosok hantu bernama Valak yang sukses memberi keseraman dalam film The Conjuring 2 membawa sutradara Corin Hardy memproduksi film solonya. Kisah hantu berwujud biarawati tersebut akan diceritakan tersendiri dalam film The Nun yang direncanakan tayang September ini di bioskop Indonesia.

Tentunya sang sutradara dan produser film ini punya alasan untuk memproduksi spin-off The Conjuring (2013) ini. Selain menyeramkan, Valak sepertinya dianggap sebagai hantu favorit. Bahkan meme kocak tentangnya sempat ramai di media sosial.

Keterlibatan Corin Hardy sebagai sutradara sudah tak diragukan lagi dalam menggarap film-film horor. Ia dikenal publik berkat kepiawaiannya menangani film horor seperti The Hallow yang rilis tahun 2015 lalu. Dipastikan The Nun ditangannya akan memberikan keseraman tersendiri.

Apalagi film ini juga dibantu oleh produsernya James Wan yang tak kalah piawai lewat karya-karyanya seperti film Saw, Insidious, dan The Conjuring. Ditambah keterlibatan Peter Safran yang juga merupakan produser film The Conjuring dan Annabelle, serta Gary Dauberman yang sekaligus merangkap sebagai penulis skenario.

Suasana dalam film dibuat senyata mungkin dengan mengambil lokasi syuting di Romania. Latar belakang waktu film ini di setting tahun 1952 untuk menggambarkan Romania pada era itu.

Sutradara Corin Hardy mengatakan, gaya sinematografi film The Nun digarap dengan gaya ala horor klasik. Dia memilih menggunakan bangunan-bangunan tua untuk mengedepankan kesan angker.

Baca Juga :   Penemuan The Ocean Cleanup, Alat Pengumpul Sampah Plastik di Samudera

Di bawah rumah produksi Warner Bross, film ini akan bercerita tentang asa-usul Valak. Sekilas, ceritanya bermula dari kedatangan seorang suster muda bernama Irene dari gereja Vatikan yang dikirim ke Romania.

Kedatangannya di sana adalah untuk mencari tahu tentang sosok biarawati yang meninggal bunuh diri secara misterius pada bertahun-tahun sebelumnya yang tak lain adalah Suster Valak.

Konon sejak kecil, Suster Irene kerap mendapat penglihatan tentang biarawati tersebut. Ditemani seorang pendeta, suster muda tersebut akhirnya memulai sebuah penyelidikan untuk mengungkap misteri kematian suster Valak.

Valak diadaptasi dari kisah nyata

Foto: The MovieWebb

Kisah Valak yang digambarkan dalam film The Conjuring 2 dan The Nun sangatlah berbeda dengan versi mitologi. Ya, nama Valak memang diadaptasi dari kisah mitologi. Dalam mitologi Valak digambarkan sebagai sosok anak kecil dengan sayap malaikat yang menunggangi naga berkepala dua.

Sementara versi The Nun, menurut James Wan, tokoh Valak sebenarnya terinspirasi dari sosok makhluk halus yang pernah menghantui paranormal Lorraine Warren di rumahnya. Lorraine menggambarkan sosok tersebut sebagai makhluk yang mengenakan tudung.

Proses syuting untuk film The Nun dimulai sejak Februari 2017 lalu, dan memakan waktu hingga 27 minggu. Sebagian besar syuting dilakukan di sebuah lokasi bekas benteng militer di Romania, yang digunakan sebagai latar tempat suster Irene menyelidiki kematian Valak.

Baca Juga :   Hanya Orang Kuat yang Bisa Kalahkan Jokowi

Dalam proses pengambilan film kabarnya, kru film sempat diganggu arwah tentara Rumania. Sang sutradara mengaku bahwa dirinya sempat mengalami hal supranatural yang tak bisa dilupakannya. Sosok Valak ini sempat menuai kontroversi dari berbagai kalangan termasuk gereja-gereja di AS karena menggambarkan biarawati sebagai hantu. Namun, syuting film ini tetap berlangsung.

Youtube blokir teaser Valak

Sebelum tayang, Warner Bros sempat memberi indikasi keseraman film tersebut. Sebuah video teaser pendek berupa video iklan yang tayang di YouTube. Klip berdurasi 5 detik tersebut dimulai dengan sebuah tampilan animasi penunjuk suara sebuah komputer yang sedang diturunkan. Tidak lama kemudian, muncul sosok hantu Valak yang muncul secara tiba-tiba mengagetkan penonton dengan suara kencang.

Dilansir dari Esquire, video promosi ini akhirnya dicabut oleh pihak YouTube karena dinilai terlalu mengagetkan dan melanggar kebijakan konten yang ada di YouTube. Hal ini menjadi perhatian YouTube setelah seorang pengguna Twitter dengan akun @bbydvas mengirimkan tweet mengenai iklan mengejutkan tersebut.

Film ini dijadwalkan akan rilis mulai 7 September 2018 mendatang. Untuk Anda yang penasaran dengan film ini mungkin terlebih dulu mengintip trailer The Nun di Youtube.

penulis : Quinna Bening

Editor : Quinna Bening